Sukses


9 Manfaat Mengagumkan Buah Plum untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Buah plum memiliki manfaat beragam bagi manusia. Buah yang memiliki rasa asam manis ini memiliki keajaiban untuk tubuh.

Buah plum termasuk species Prunus domestica. Bentuknya mirip seperti buah ceri, namun bukan merupakan buah asli dari Indonesia.

Buah plum banyak dibudidayakan di Eropa dan China. Buah plum dari Eropa biasanya berwarna percampuran antara merah dan ungu, sementara buah plum dari China mayoritas berwarna hitam.

Buah plum tak hanya banyak dimanfatkan untuk berbagai masalah kesehatan, melainkan juga memiliki beberapa manfaat kecantikan yang luar biasa.

Buah yang punya nama prune atau prem ini terbukti efektif untuk kulit dan rambut. Buah plum merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien, flavonoid, dan antioksidan.

Buah plum juga mengandung niacin, karbohidrat, dan protein yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan khasiatnya, buah ini bisa dimakan langsung, dijus maupun diolah menjadi produk kecantikan sederhana.

Berikut ini beberapa manfaat buah plum bagi kecantikan, dirangkum dari Goodhealthall, Kamis (1/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Plum bagi Kecantikan

1. Meremajakan kulit

Manfaat pertama buah plum untuk kecantikan, yakni dapat meratakan warna kulit dan meningkatkan kekencangan kulit wajah serta meremajakan penampilan. Buah ini mengandung sejumlah vitamin C yang diperlukan untuk merawat kulit agar sehat dan terlindung dari kerusakan.

Vitamin C dibutuhkan untuk mengikat molekul yang menghasilkan kolagen. Sebab, biasanya seiring bertambahnya usia dan kekurangan kolagen bisa membuat kulit menjadi kusam dan kendur.

2. Membantu mengurangi bekas jerawat di wajah

Buah ini kaya antikosidan. Kandungan tersebut berperan untuk membantu mengurangi munculnya bintik-bintik jerawat dan cacat pada wajah.

Mengonsumsi buah plum juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan parut sehingga meminimalkan bekas luka di wajah.

Tak hanya sampai disitu, buah plum berperan penting membantu pengembangan jaringan kulit baru. Anda dapat memanfaatkan buah plum sebagai perawatan luar seperti masker untuk kulit wajah.

3. Melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat sinar matahari

Tingginya kandungan antioksidan yang ada dalam buah plum dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV berbahaya dari matahari. Di samping itu, buah ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Buah plum bisa digunakan sebagai pelindung alami sehingga mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Plum bagi Kecantikan

4. Mencegah tumbuhnya jerawat

Selain kaya antioksidan, buah plum memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berguna sebagai penangkal bagi kulit dari serangan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Vitamin C dapat menjadi musuh utama dari kuman dan bakteri yang menyerang tubuh serta kulit. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur sangat mampu menjaga kulit dari serangan jerawat membandel.

5. Meringankan hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB) serta polusi dapat berdampak buruk pada kulit wajah. Kulit yang terpapar secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan dan mempercepat produksi melamin sehingga dapat terjadi hiperpigmentasi.

Mengonsumsi jus buah plum dapat membantu mencegah produksi melanin yang berlebihan pada kulit sehingga mencegah munculnya kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Kandungan antioksidan dan protein pada buah plum dapat mencegah terjadinya hiperpigmentasi.

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Mengonsumsi buah plum secara teratur kemungkinan akan menyebabkan pertumbuhan memiliki rambut yang sehat, kuat, dan tebal. Buah plum memiliki kandungan vitamin E.

Vitamin E bisa memperkuat membran sel dan mencegah radikal bebas dari menyerang folikel kulit kepala. Radikal bebas dapat membuat rambut Anda lemah, rapuh, tipis dan menghambat pertumbuhan rambut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Plum bagi Kecantikan

7. Menghilangkan ketombe

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan pada kepala, termasuk ketombe, mengonsumsi buah plum bisa menjadi solusi. Buah plum memiliki kandungan vitamin C yang berperan untuk membantu Anda menghilangkan ketombe.

Buah plum dapat membantu melawan bakteri di kulit kepala dan menyingkirkan puing-puing folikel serta mendorong pertumbuhan rambut baru. Folikel rambut sering tersumbat karena ketombe dan kondisi kulit yang terkelupas sehingga menghambat pertumbuhan rambut.

8. Merawat rambut rontok

Tak hanya mampu merangsang pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe, buah plum membantu menghentikan kerontokan rambut dengan membalik kondisi pada kelenjar adrenal.

Buah ini bisa membuat rambut tumbuh lebih subur karena kandungan zat besi dan kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah.

9. Menutrisi kulit kering dan kasar

Buah plum bisa menjadi solusi tepat untuk sebagian orang yang memiliki tekstur kulit wajah yang kering dan kasar. Mengonsumsi buah ini yang kaya akan antioksidan ini dapat menjadikan kulit Anda tetap terjaga kelembabannya sekaligus membantu merawat kulit agar terawat kehalusannya.

 

Sumber: Goodhealthall

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer