Sukses


5 Cara Mengisi Waktu Libur Panjang di Rumah, Meninggalkan Kesan dan Terbebas COVID-19

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia bakal mendapatkan libur panjang pada pengujung Oktober 2020. Melakukan kegiatan di luar ruangan tentu tak dianjurkan karena mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Pemerintah mengimbau agar masyarkat bisa menghabiskan waktu libur panjang dengan tetap berada di rumah. Langkah itu dilakukan agar masa liburan panjang kali ini tidak menjadi ajang tumbuhnya klaster baru COVID-19.

Berlibur di rumah tentu bisa menjadi kegiatan yang menarik dan berkesan. Meskipun, selama ini intensitas pertemuan antaranggota keluarga sudah terjalin lebih sering, seiring adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masing-masing daerah.

Namun, dengan suasana liburan tentu akan berbeda dengan rutinitas sehari-hari di rumah. Ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan semua anggota keluarga agar masa liburan di rumah tetap mengasyikkan.

Kegiatan yang bisa dilakukan beragam, mulai dari yang bersifat hiburan hingga menambah keakraban. Sederet kegiatan seru ini dijamin bakal membuat Anda dan keluarga semakin betah berada di rumah.

Berikut ini sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan di rumah selama libur panjang. Tetap seru, berkesan, dan tentunya aman dari pandemi COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kegiatan Berkesan dan Aman

1. Menonton Film

Menghabiskan waktu libur panjang di rumah tetap akan mengasyikkan ketika diisi dengan kegiatan menonton film. Pengalaman ini bakal menambah keakraban bersama keluarga dan menghadirkan pengalaman berkesan selama pandemi COVID-19.

Siapkan daftar film-film yang bisa membuat Anda betah menghabiskan waktu lama dengan menonton. Maraton film seri juga bisa membuat waktu libur panjang tetap berkualitas.

2. Memasak Bersama

Memasak bersama seluruh anggota keluarga dapat membuat libur panjang Anda tetap berkualitas. Apalagi kalau selama proses membuat masakan melibatkan seluruh anggota keluarga.

Pilihlah menu masakan rumahan yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Selain itu, tak ada salahnya juga melakukan eksperimen dengan memasak menu yang baru untuk menambah pengalaman berkuliner.

3. Bermain Games

Bermain games bersama keluarga bisa menambah kualitas liburan di rumah. Pilihlah permainan tradisional yang bisa dilakukan secara berkelompok sehingga semakin menambah keakraban dan nuansa kekeluargaan.

Contohnya bermain monopoli dan ludo yang merupakan permainan lintas zaman. Tak ada salahnya juga untuk mencoba permainan modern seperti PlayStations hingga bermain gim di smartphone.

4. Curhat Pengalaman

Bercerita tentang pengalaman bisa menambah seru liburan di rumah. Komunikasi dua arah antara anak dan orang tua bisa bermanfaat untuk lebih mengenal kepribadian satu sama lainnya.

Bercerita masa lalu atau rencana jangka panjang akan semakin menarik jika ditemani cemilan atau makanan berat. Hal ini bakal semakin menambah nuansa kekeluargaan sehingga menghindari rasa jenuh di rumah.

5. Bersih-bersih dan Dekorasi

Kegiatan liburan tetap akan menyenangkan ketika melakukan bersih-bersih rumah secara bersama-sama. Selain itu, masa liburan panjang juga bisa dilakukan dengan mengubah dekorasi rumah.

Hal ini bakal menghadirkan nuansa baru dalam rumah. Selain itu, kegiatan seperti ini bisa menimbulkan sifat kerja sama sehingga menambah rasa sayang dan kekeluargaan.

Video Populer

Foto Populer