Sukses


Mengintip Keseruan Babak Final Kreatif Lokal Award 2020

Bola.com, Jakarta Sesi penjurian pertama dan kedua babak final Kreatif Lokal Award 2020 telah digelar pada 18 dan 25 Oktober 2020. Kini saatnya para finalis berdebar-debar menanti jawaban siapa pemenang Kreatif Lokal Award 2020, yang akan digelar pada 13 November 2020, bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance secara live di Vidio.com.

Para pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah puluhan jutaan rupiah dan juga beragam benefit menarik seperti business coaching dan pendampingan dari Kemenparekraf RI, serta eksposure di media dan juga lapak eksklusif di Bukalapak.

Di babak final lalu, terdapat 18 finalis dari kategori Fashion, Pertunjukan, Fotografi, Kriya, Kuliner, dan Video, yang menunjukkan keunikan dan keunggulan produk UKM mereka. Para finalis memberikan penjelasan mengenai kreativitas produk yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di lingkungan sekitar mereka berdasarkan pertanyaan dan masukkan yang diberikan Dewan Juri.

Dewan Juri ini terdiri dari Daniel Tumiwa (Ketua Dewan Juri Kreatif Lokal Award 2020), Hafid Hadeli (Direktur Utama Adira Finance), Yuana Rochma Astuti (Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI), Swandajani Gunadi (Direktur SDM dan Marketing Adira Finance), Rachmat Kaimuddin (Direktur Utama Bukalapak), dan Steve Christian (Direktur Utama Kapanlagi Youniverse).

Di samping Dewan Juri, final Kreatif Lokal Award 2020 menghadirkan pula ikon kreatif untuk memberikan pandangan dan berbagi pengalaman mereka kepada 18 pelaku UKM. Mereka adalah Nonita Respati (Fashion Designer), Darwis Triadi (Fotografer), dan Indra Yudhistira (Direktur Utama Indonesia Entertainment Produksi). Selain itu, Sisca Soewitomo (Pakar Kuliner), Joko Avianto (Seniman), dan Fajar Nugros (Sutradara Film).

Selama penjurian ini, Dewan Juri dan para Ikon Kreatif pun memberikan apresiasi terhadap keunikan dan inovasi usaha yang dilakukan 18 UKM finalis. Selain itu, tentu saja memberikan kritik membangun, sebab meski konsep bisnis yang diusung cukup kreatif dan inovatif, namun masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan agar kualitas produk lebih ciamik.

Pada final hari pertama 18 Oktober 2020, hadir sembilan finalis dari tiga kategori yang tampil, ada Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint dari kategori Fashion; Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography dari kategori Fotografi; serta Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio dari kategori Pertunjukan.

"Kami ingin memberikan angin segar kepada wanita perkotaan melalui fashion dengan teknik eco-print yang menghasilkan warna dan motif kain yang alami," ujar Alfira dari UKM Semilir dalam tayangan di Vidio.com, Minggu (18/10/2020).

Pada sesi penjurian kedua yang digelar 25 Oktober 2020, menjadi giliran untuk Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry untuk kategori kuliner. Di kategori Kriya adalah Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon. Dan untuk kategori Video, ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio.

Finalis dari Dapur Chantique, Rahayu Ning Tyas dalam sesi presentasi itu mengungkap strategi khusus untuk mendapatkan pelanggan. Mulai dari kemasan produk, serta mendapatkan rasa dan kualitas terbaik.

 

“Kunci utama saya menjalankan bisnis ini ialah memiliki kemasan khusus dan menarik. Selain itu, rasa dan kualitas tetap prioritas dan kami memiliki beragam varian rasa,” ujar Rahayu.

Babak final ini diakhiri dengan dengan penampilan apik Tiara Andini dan Maliq & D'Essentials.

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 yang menjadi  kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat. Festival ini diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Kreatif Lokal Award 2020 ini juga didukung oleh Zurich, yang melayani nasabah Indonesia pada segmen asuransi jiwa melalui PT. Zurich Topas Life (ZTL) dan P&C melalui PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance). Produk Arthacillin dari Adira Insurance, memberikan perlindungan untuk tempat usaha. Arthacillin siap melindungi tempat usaha pelaku UKM beserta isinya dari beragam risiko, seperti kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, asap, kerusuhan, pembongkaran, maupun tanah longsor. Tidak hanya itu, melalui produk asuransi ini, pelaku UKM juga mendapatkan jaminan kecelakaan yang menyebabkan kematian, serta cacat tetap bagi tertanggung dan anggota keluarga.

“Saat ini peran UKM menjadi semakin penting untuk mendukung gerak perekonomian Indonesia. Adira Insurance sangat bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal, yang meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan para UKM serta memberikan edukasi akan pentingnya perlindungan aset usaha melalui produk asuransi,” ujar Direktur Adira Insurance, Donni Gandamana.

Nah, bagi kamu yang ingin mendukung para finalis ini, kamu bisa membeli produk mereka di Bukalapak.

 

 

(Adv)

Video Populer

Foto Populer