Sukses


Munas PBSI 2020 Resmi Dibuka, Bulutangkis Indonesia Diharapkan Terus Berprestasi

Bola.com, Tangerang - Musyawarah Nasional (Munas) PBSI 2020 yang digelar di JHL Hotel, Tangerang, resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, Kamis (5/11/2020). Munas PBSI dipimpin oleh Ketua Umum PP PBSI, Wiranto, dan dihadiri pula oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman.

Menpora Zainudin Amali membuka Munas PBSI 2020 secara virtual. Selain Menpora, yang hadir secara virtual dalam kegiatan empat tahunan PBSI ini adalah Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari.

Mengusung tema 'Dengan Semangat Persatuan Nasional Menuju Puncak Prestasi Dunia', Munas PBSI 2020 berlangsung selama dua hari, mulai hari ini hingga Jumat (6/11/2020). Hari pertama pelaksanaan Munas PBSI berisikan agenda dua sidang pleno, yang membahas laporan dewan pengawas, laporan pertanggungjawaban PP PBSI masa bakti 2016-2020 dan lainnya.

Sementara pada hari kedua, Jumat (6/11/2020), Munas PBSI 2020 akan memilih Ketua Umum PP PBSI untuk periode 2020-2024, setelah laporan tim penjaringan bakal calon ketua umum.

Ketua Umum PBSI, Wiranto, berharap agar forum munas kali ini dapat mengambil keputusan yang bijak dan cerdas untuk nantinya bisa dimanfaatkan untuk kepengurusan selanjutnya. Wiranto juga menyampaikan bahwa dengan berakhirnya masa bakti pada tahun ini, Wiranto tidak lagi mencalonkan diri untuk periode selanjutnya.

"Pada munas kali ini, dengan berat hati saya tidak lagi mencalonkan diri sebagai ketua umum, dengan pertimbangan ingin lebih fokus sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden," ujar Wiranto.

Penyelenggaraan Munas PBSI 2020 digelar di tengah pandemi COVID-19 dengan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta dan panitia penyelenggara munas wajib menjalani swab test dan hasilnya semua negatif sehingga kegiatan bisa tetap berjalan sesuai jadwal.

"Awalnya ingin ditunda hingga tahun depan karena pandemi COVID-19. Namun, setelah melalui beberapa pertimbangan, kami tidak tahu kapan pandemi berakhir, dan ada waktu yang tidak bisa kami tentukan. Berdasarkan arahan dari Presiden Jokowi, kegiatan yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan dengan catatan memenuhi protokol kesehatan," ujar Wiranto.

Video

2 dari 2 halaman

Harapan Pemerintah Terhadap PBSI

Menpora Zainudin Amali yang membuka Munas PBSI 2020 berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan kondusif. Ia mengatakan PBSI adalah organisasi olahraga yang dinilai patut menjadi contoh untuk cabang olahraga lain.

"PBSI adalah contoh organisasi dengan tata kelola yang bisa dicontoh cabang-cabang lain. PBSI bisa menjadi benchmark, saya setuju, Insyaallah Munas ini menghasilkan keputusan dan rekomendasi terbaik. Pemerintah menaruh harapan besar kepada kepengurusan baru nanti," ujar Zainudin.

"Namanya musyawarah, semua bisa dimusyawarahkan, tidak ada alasan terpecah. Sekali ada pengkubuan, perpecahan, maka energi akan habis untuk mengurusi konflik. Organisasi olahraga bukan organisasi politik. Kita bikin teduh, tenang, dan yang paling penting bagaimana memikirkan prestasi ke depan," lanjut Zainudin.

Menpora mengatakan hal paling penting yang harus diperhatikan PBSI adalah prestasi bisa dipertahankan di kepengurusan selanjutnya, kalau bisa ditingkatkan sehingga kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia tercermin di prestasi olahraga.

Video Populer

Foto Populer