Sukses


10 Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

Bola.com, Jakarta - Cara mengobati sakit gigi kerap dicari orang yang mengalaminya. Sakit gigi merupakan satu di antara gangguan kesehatan yang paling menyiksa.

Sakit kepala, demam, hingga nyeri atau rasa cenut-cenut yang menyertainya bisa membuat penderita sakit gigi jadi menderita. Bahkan, bisa mempengaruhi mood atau suasana hati.

Sakit gigi biasanya disebabkan karena gigi berlubang. Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, bahkan anak-anak ataupun dewasa hingga lansia.

Selain itu, banyak juga faktor yang mempengaruhi gigi berlubang.

Biasanya, gigi berlubang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Contohnya seperti cara menyikat gigi yang salah, jarang untuk sikat gigi, alat menyikat gigi yang keliru, terlalu banyak konsumsi makanan manis, ataupun karies gigi.

Hal tersebut merupakan faktor yang sangat berpengaruh dengan adanya gigi berlubang ataupun penyakit gigi yang lainnya. Maka dari itu, kita harus menghindari kebiasaan tersebut dan hendaknya merawat gigi agar tak terjadi sesuatu.

Berikut cara mengobati sakit gigi secara mudah tanpa perlu ke dokter dikutip dari Klikdokter, Sabtu (14/11/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

1. Larutan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Siapkan setengah gelas kecil air putih hangat, masukkan garam sebanyak satu sendok teh, lalu aduk hingga rata. Berkumurlah kurang lebih selama 30 detik dan lakukan 2-3 kali dalam sehari.

2. Obat Antinyeri Berbentuk Krim atau Gel

Obat jenis ini memiliki efek samping yang minim, dan sangat membantu bagi pasien yang juga mengalami gangguan pencernaan.

Kandungan 20 persen benzocaine pada obat ini menjadikannya sebagai antiseptik yang dapat mencegah infeksi gigi. Sedangkan, kandungan bahan mentolnya membantu mendinginkan bagian yang sakit.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

3. Obat Pereda Nyeri Berbentuk Larutan Kumur

Cara mengatasi sakit gigi lainnya adalah dengan obat pereda nyeri berbentuk larutan kumur. Biasanya obat ini mengandung benzydamine HCl untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut.

Obat ini bisa Anda dapatkan di apotek maupun toko obat lainnya. Kumurlah sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

4. Obat Antinyeri Berbentuk Tablet

Ini adalah obat sakit gigi yang paling umum diresepkan oleh dokter gigi. Obat ini dapat dibeli di apotek atau toko obat. Kekurangannya, bahan aktif yang sampai di pembuluh darah dan organ yang bermasalah hanya 10 persen.

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

5. Obat Antinyeri Berbentuk Lembaran Tipis

Obat sakit gigi ini mengandung 10-20 persen lidocaine yang berbentuk lembaran tipis dan ditempelkan pada gusi. Obat ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dengan membuat saraf gigi menjadi mati rasa. Jadi, carilah obat ini di apotek terdekat sebagai cara mengatasi sakit gigi.

6. Kompres Dingin

Kompres dingin juga bisa menjadi cara menghilangkan sakit gigi. Terutama sakit yang terjadi karena cedera atau gusi yang bengkak. Suhu yang dingin dari kompres mampu menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke daerah yang terkena.

Gunakan es batu yang sudah dililit kain bersih, kemudian tahan di samping pipi minimal 20 menit. Cara mengatasi sakit gigi yang satu ini mudah sekaligus ampuh!

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

7. Minyak Cengkeh

Ternyata, minyak cengkeh bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi yang ampuh. Cengkeh telah lama digunakan sebagai obat sakit gigi, karena minyak efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakannya, teteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak ini bisa Anda beli di apotek atau toko obat.

8. Kantong Teh Peppermint

Cara mengatasi sakit gigi yang ini juga efektif. Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk mematikan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Tempelkan kantong teh bekas yang hangat pada daerah yang sakit selama beberapa menit hingga rasa sakit berkurang.

6 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

9. Thyme

Thyme dikenal dapat mengurangi rasa sakit pada gigi. Komponen utamanya yang disebut timol memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat.

Untuk menggunakanya, teteskan minyak esensial thyme ke kapas, lalu oleskan ke daerah yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa meneteskan minyak tersebut ke dalam segelas air untuk berkumur.

10. Lidah Buaya

Gel lidah buaya digunakan beberapa orang untuk meredakan rasa sakit pada gusi. Oleskan sedikit pada daerah yang sakit, kemudian pijat dengan lembut.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Karena itu, cara mengatasi sakit gigi dengan lidah buaya dapat dilakukan.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer