Sukses


7 Kiat Menjaga Kebersihan Makanan yang Hendak Dikonsumsi saat Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Tak hanya pentingnya menjaga kebersihan tangan dan menerapkan beberapa prosedur kebersihan lainnya, menjaga kebersihan makanan yang ingin dikonsumsi tak kalah serius saat pandemi COVID-19. Hal ini diperlukan dalam upaya pencegahan penularan virus corona.

COVID-19 dapat menyebar dari orang ke orang atau benda ke benda melalui percikan droplet yang keluar dari hidung atau mulut yang bisa jatuh pada benda atau permukaan di sekitar Anda.

Jika Anda langsung berkontak langsung, kemudian menyentuh area segitiga wajah, seperti mata, hidung, dan mulut, virus corona dengan mudah masuk ke tubuh Anda.

Anda tidak tahu apakah benda yang Anda sentuh tersebut, khususnya ketika membeli makanan untuk kebutuhan hidup, terjamin kebersihannya. Itulah mengapa sangat ditekankan kebersihan makanan yang hendak Anda konsumsi.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan demi menjaga tidak hanya kesehatan Anda, tetapi keluarga Anda juga.

Berikut langkah-langkah yang perlu diketahui demi menjaga kebersihan makanan yang hendak Anda dan keluarga Anda konsumsi di tengah pandemi COVID-19, dikutip dari laman resmi UNICEF, Sabtu (28/11/2020).

2 dari 2 halaman

Langkah-langkah Menjaga Kebersihan Makanan

  1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik sebelum menyiapkan makanan apa pun.
  2. Pisahkan papan potong untuk menyiapkan daging dan ikan mentah.
  3. Masak makanan sampai suhu yang disarankan.
  4. Jika memungkinkan, simpan barang yang mudah rusak dalam lemari es atau beku, dan perhatikan tanggal kedaluwarsa produk.
  5. Mendaur ulang atau membuang sisa makanan dan kemasan dengan cara yang layak dan sanitasi, hindari penumpukan sampah yang dapat menarik hama.
  6. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik sebelum makan dan pastikan seluruh anggota keluarga Anda melakukan hal yang sama.
  7. Selalu gunakan peralatan dan piring yang bersih.

 

Sumber: UNICEF

Video Populer

Foto Populer