Sukses


10 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Menjaga Kesehatan Selama Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Tak hanya untuk hiburan atau mengisi waktu, ada banyak manfaat musik bagi kesehatan. Mendengarkan musik bisa menjadi satu di antara cara untuk mencegah terkena stres karena terlalu banyak mendapat paparan informasi negatif terkait COVID-19.

Menjaga kesehatan ketika pandemi COVID-19 bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik kesayangan. Mendengarkan musik akan memengaruhi hormon dan fungsi kognitif.

Mendengarkan musik juga mampu memberikan efek pada fungsi fisiologis, yakni memperlambat denyut nadi dan detak jantung. Aktivitas tersebut bisa memperbaiki perasaan dan menenangkan.

Anda bisa mencoba mendengarkan musim dengan tempo atau ritme yang lambat dan bisa membuat rileks, mampu memperbaiki daya tahan tubuh dan menurunkan stres. Kondisi stres yang berlangsung lama tidak baik untuk psikis dan bahkan fisik.

Mendengarkan musik juga menjadi sarana meditasi dan membantu pikiran Anda tetap fokus. Anda dapat mendengarkan musik di manapun dan kapanpun.

Berikut ini beberapa manfaat musik demi menjaga kesehatan fisik dan kesehjahteran mental ketika pandemi COVID-19, dikutip dari Childrensmusicworkshop, Senin (30/11/2020).

2 dari 2 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik

  1. Membuat Anda lebih bahagia.
  2. Menurunkan stres dan meningkatkan kesehatan.
  3. Membantu Anda tidur lebih baik.
  4. Mengurangi depresi.
  5. Meningkatkan mood Anda.
  6. Memperkuat memori Anda.
  7. Mengurangi rasa sakit.
  8. Meningkatkan kecerdasan verbal.
  9. Meningkatkan IQ dan kinerja akademik.
  10. Menjaga otak Anda tetap sehat.

 

Sumber: Childrensmusicworkshop

Video Populer

Foto Populer