Sukses


10 Tips Memandikan Kucing Secara Benar dan Aman, Yuk Praktikkan!

Bola.com, Jakarta Menjaga kebersihan tubuh kucing sangat penting untuk kesehatannya sekaligus kesehatan pemilik kucing itu sendiri. Dengan rajin membersihkannya, kucing akan terhindar dari kutu, jamur, serta bakteri penyebab penyakit yang menumpuk pada kotoran mata, telinga atau kuku.

Salah satu cara untuk memastikan kebersihan dan kesehatan kucing adalah dengan memandikan kucing secara rutin. Disarankan memandikan kucing sekurang-kurangnya seminggu sekali. Tetapi, apabila kucing kamu terlihat kotor dan banyak kutu di tubuhnya segeralah dimandikan.

Berikut ini beberapa tips memandikan kucing secara aman dan maksimal, dikutip dari berbagai sumber:

1. Waktu yang Tepat

Jadwalkan waktu mandi saat kucing dalam keadaan lembut dan tenang serta tidak dalam kondisi perut kosong. Salah satu waktu yang bisa dipilih setelah sesi bermain yang dapat membantu melelahkan kucing yang paling lincah sekalipun.

2. Kuku kucing sudah terpotong

Untuk perlindungan kamu, ASPAC (American Society for the Prevention of Cruelty to Animals) merekomendasikan memandikan kucing ketika kuku tajamnya sudah terpotong.

3. Bulu sikat lembut dan tutup telinga kucing

Siapkan bulu sikat kucing yang lembut dan jangan lupa menutup telinga kucing dengan kapas yang lembut agar air tidak masuk ke lubang telinga. 

 

2 dari 3 halaman

4. Gunakan air hangat

Gunakan ember plastik besar dengan air hangat yang cukup untuk memandikan kucing. Ingat ya air hangat bukan air panas. Pasalnya, banyak kucing yang sensitif dengan air dingin, dengan menggunakan air hangat mampu meminimalisir pemberontakan pada kucing.

Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat berpijak yang aman untukmu saat memandikan kucing, agar kamu tidak terpeleset saat memandikan kucing.

5. Hati-hati ketika menyiram tubuh kucing

Gunakan selang semprot untuk membasahi kucingmu.  Berhati-hatilah agar tidak menyemprot langsung ke telinga, mata, dan hidungnya. Jika kamu tidak memiliki selang semprot, kamu bisa menggunakan gayung 

6. Gunakan sampo kucing

Gunakan sampo kucing dan pijat dengan lembut tubuh kucing kesayangan kamu. Lakukan dari kepala ke ekor, ke arah pertumbuhan bulu. Berhati-hatilah untuk menghindari bagian wajah, telinga, dan mata.

7. Bilas secara menyeluruh

Bilas sampo kucing secara menyeluruh dengan selang semprot atau gayung. Pastikan airnya membersihkan bagian kaki dan kukunya. Tidak ada busa atau sampo yang masih menempel, karena dapat mengiritasi kulit dan menjadi magnet bagi kotoran. Sekali lagi, pastikan untuk tidak terkena bagian mata dan telinganya ya.

8. Bersihkan bagian wajah

Gunakan waslap untuk menyeka bagian wajah kucing kamu. Pakai air biasa tidak masalah selama wajahnya tidak terlalu kotor. Kalau menggunakan shampo pastikan cairannya lebih encer, jangan terlalu banyak shampo, hati-hati disekitar mata dan telinganya.

 

3 dari 3 halaman

9. Keringkan tubuh kucing

Gosok kucing kamu dari kepala hingga kaki dengan handuk yang lembut. Setelah itu, keringkan kucing kamu di ruangan yang hangat dan jangan biarkan dia keluar sampai dia benar-benar kering.

Untuk mengeringkan bulu-bulunya, kamu bisa menggunakan blower atau pengering rambut. Kamu juga bisa menjemurnya dibawah sinar matahari dengan keranjang kucing.

10. Berikan kasih sayang

Sesi memandikan kucing sudah selesai. Usap lembut kucing kamu supaya dia merasa rileks lagi dan tidak takut kalau kamu ingin memandikan kucingmu kembali. Kamu juga bisa memberikan makanan dan cemilan kesukaannya sebagai bentuk apresiasi.

Kamu bisa memberikan Muezza, merk makanan kering (dry food) yang sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi. Muezza bukan hanya memperkuat tulang dan gigi saja, tapi juga mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang lainnya.

Selain itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.  Ada beberapa pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Kamu bisa beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Setelah si kucing mandi, lebih bagus jika kamu sekaligus membersihkan telinganya. Telinga kucing yang kotor memang tidak merasakan sakit, akan tetapi bisa saja menimbulkan infeksi pada telinga kucing

Cara membersihkan telinga kucing bisa menggunakan Cotton buds atau kapas yang telah dicampur dengan baby oil. Lakukan dengan perlahan, agar kucing tidak merasa sakit. Pastikan untuk tidak terkena bagian dalam telinga kucing, usap perlahan dengan kapas di bagian lipatan telinga kucing. 

Yuk, bantu kucing membersihkan dirinya dengan memandikannya sekurangnya seminggu sekali dan bersihkan telinga kucing sebaiknya rutin 2-4 minggu sekali atau ketika telinga kucing terlihat kotor.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer