Sukses


Demi Menggelorakan Olahraga, Menpora Berencana Menyediakan Vaksin COVID-19 Gratis untuk Atlet

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, berencana untuk mengupayakan atlet dan pelatih mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara gratis. Hal itu dilakukan demi kembali menggelorakan olahraga di Indonesia.

Usulan pemberian vaksin COVID-19 secara gratis untuk atlet dan pelatih rencananya akan disampaikan Zainudin Amali ke pemangku kepentingan di Indonesia. Dengan pemberian vaksin, diharapkan para atlet bisa mempersiapkan diri dan mengikuti kejuaraan nasional dan internasional.

"Saya akan mengusulkan vaksinasi untuk para atlet dan pelatih. Saya berharap dengan adanya vaksinasi kepada atlet dan pelatih, kegiatan olahraga yang sekarang masih terhenti bisa aktif kembali," kata Zainudin Amali seperti dikutip Antara, Senin (14/12/2020).

Zainudin Amali berharap usulan pemberian vaksin COVID-19 secara gratis bisa mendapatkan respons positif dari pemangku kepentingan olahraga di Indonesia. Contohnya adalah induk organisasi olahraga di Indonesia yang sedang mempersiapkan diri untuk agenda 2021.

Pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860 Tahun 2020 telah menetapkan enam jenis vaksin COVID-19 yang dapat beredar di Indonesia. Contohnya adalah vaksin Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, Sinovac.

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 sudah tiba di Indonesia. Namun, untuk proses vaksinasinya masih harus menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan hasil klinis fase 3 demi mengetahui efektivitas vaksin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kabar Baik

Rencana untuk pemberian vaksin COVID-19 secara gratis untuk atlet dan pelatih menjadi kabar baik untuk olahraga di Indonesia. Seperti diketahui, sepanjang 2021 banyak agenda yang akan diikuti berbagai cabang olahraga di Indonesia.

Contohnya adalah lanjutan Shopee Liga 1 yang rencananya bakal digelar pada awal Februari 2021. Kemudian penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di mana akan berlangsung di Indonesia.

Agenda rutin cabang olahraga bulutangkis yang berlangsung sepanjang 2021. Selain itu, Olimpiade juga rencananya bakal berlangsung pada pertengahan tahun depan.

Video Populer

Foto Populer