Sukses


8 Hal Unik dan Menarik dari Kumis Kucing yang Perlu Cat Lovers Ketahui

Bola.com, Jakarta Sebagai hewan peliharaan favorit manusia, banyak bagian hal yang unik dan menarik dari seekor kucing. Salah satunya adalah kumis. Bagian ini mungkin tidak terlalu kamu perhatikan, namun perlu cat lovers ketahui, kumis memiliki fungsi yang sangat penting bagi kucing. Tak heran jika kumis kucing bisa ditemukan pada kucing jantang maupun kucing betina.

Dikutip dari treehugger.com, berikut ini adalah beberapa hal menarik tentang kumis kucing yang perlu Cat Lovers ketahui biar makin sayang sama hewan peliharaannya.

1. Kumis Lebih Tebal dari Rambut

 

Kumis kucing bisa dua sampai tiga kali lebih tebal dari bulu kucing biasa dan ditemukan tidak hanya di kedua sisi moncongnya (yang disebut kumis mistik), tapi di rahang, di atas mata dan di atasnya. bagian belakang kaki depan juga.

2. Kumis Kucing Sensitif

Tidak seperti rambut manusia, kumis tertanam dalam dan terhubung ke sistem saraf. Ujung kumis memiliki organ sensorik yang disebut proprioseptor yang membantu kucing menentukan jarak, arah, dan bahkan tekstur permukaan objek.

 

2 dari 4 halaman

3. Kucing Bisa Mengalami Stres Kumis

Jika kucing harus menggunakan wadah makanan atau tempat yang sempit, tekanan pada bagian sensitifnya dapat menyebabkan apa yang disebut "stres kumis". Jika kucing kamu menyendok makanan dengan kaki atau menjatuhkan makanan ke lantai untuk dimakan, pertimbangkan untuk menggunakan mangkuk yang lebih lebar.

4. Ukuran Kumis Sesuai dengan Ukuran Kucing

Kumis kucing sesuai dengan lebar tubuhnya. Ia menggunakannya untuk mengetahui apakah  dapat masuk melalui ruang sempit atau tidak - secara umum, semakin gemuk kucing, semakin lebar kumisnya.

 

3 dari 4 halaman

5. Kumis di Kaki Membantu Kucing Berburu

Kumis di belakang kaki depan membantu kucing memanjat dan yang terpenting, membantu saat kucing bersentuhan dengan mangsa. Mereka bertindak sebagai sepasang mata saat menentukan kemana harus memberikan gigitan fatal. 

6. Kumis Bisa Bergerak

Kumis mistik terhubung ke otot yang memungkinkan kucing untuk menggerakkannya.

 

4 dari 4 halaman

7. Kumis Mengungkapkan Suasana Hati Kucing

Kumis seringkali menunjukkan suasana hati. Kumis ditarik mendekati pipi bisa berarti kucing ketakutan atau marah. Kumis santai berarti kucing yang rileks dan bahagia. Kumis yang menonjol ke depan dan tegang biasanya berarti kucing merasa agresif atau dalam mode berburu. 

8. Jangan Potong Kumis Kucing

Begitu pentingnya kumis kucing, maka jangan berpikir untuk memotongnya. Karena itu Ini seperti menghilangkan penglihatan atau indra perasa seekor kucing. Kalau memang kumis kucing tanpa sengaja terlepas atau terpotong sendiri itu tidak masalah karena dia bisa tumbuh sendiri seiring dengan siklus hidup dan pertambahan usia.

 

Agar kucing senantiasa aktif dan bisa diajak bermain yuk penuhi kebutuhan asupan makanan dan nutrisnya. Kamu bisa memberikan Muezza, merk makanan kering (dry food) yang sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi. Muezza bukan hanya memperkuat tulang dan gigi saja, tapi juga mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang lainnya. 

Selain itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.  Ada beberapa pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Kamu bisa beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer