Sukses


Menyiasati Kucing Kesayangan Agar Tidak Menggaruk dan Mencakar Sembarangan

Bola.com, Jakarta Kebiasaan kucing yang perlu dipahami oleh manusia adalah menggaruk dan mencakar. Seekor kucing tidak menggaruk untuk sengaja menyusahkan kamu dan merusak perabotan di rumah. Ada banyak alasan kucing berperilaku menggaruk. Mulai dari untuk melatih otot-otot mereka (area jari-jari, kaki, bahu dan punggung), mempertajam cakar dan membersihkan bagian luar kukunya, menandai wilayah atau teritorinya hingga sinyal untuk melindungi diri.

Dengan ragam alasan tersebut, benda-benda yang ada disekitar kucing bisa menjadi sasaran ketika kucing berkeinginan untuk menggaruk. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan kerusakan pada furniture, tirai, dan karpet serta parabot lain yang ada di rumah.

Respon pertama cat lovers tentu saja langsung melarang dan menghentikan aksi kucing. Namun terus menerus melarang tidaklah cukup, terlebih kita tidak bisa memantau kucing setiap saat. Kamu harus memfasilitasi kebutuhan kucing dan mengajarinya. Ini cara menyiasati kucing kesayangan agar tidak menggaruk sembarangan, dikutip dari berbagai sumber.

1. Sediakan alat khusus mencakar untuk kucing

Cara pertama agar kucing berhenti mencakar barang-barang di rumah adalah dengan menyediakan tempat atau barang yang khusus untuk dicakar (scratch post). Pastikan juga bahwa alat mencakar itu tidak terlalu berat dan tinggi hingga berisiko menimpa kucing Anda. Beberapa jenis alat semacam itu terbuat dari bahan rami. Cobalah jenis yang berbeda-beda, karena lebih baik kamu memiliki banyak alat ini di rumah, daripada tidak memilikinya sama sekali.

 

2 dari 3 halaman

2. Letakkan alat mencakar kucing di tempat strategis

 

Lihat perabotan rumah yang telah dicakar kucing dan lokasinya. Pastikan bahwa alat mencakar menjadi sesuatu yang menarik di dalam ruangan dan diletakkan di sebelah perabotan rumah yang sering dicakar oleh si kucing. Dengan begitu, kamu bisa menjaga barang-barangmu dari cakaran kucing. Sebelum itu, kamu juga bisa melindungi barang barang dengan cara memberinya pelindung vinil. Jadi, ketika kamu tidak bisa mengawasi si kucing, barang-barang di rumah sudah aman dengan pelindung tersebut.

3. Melatih kucing dengan alat menggaruk

Sedia alat dan lokasi strategis saja tidak cukup, kamu juga perlu melatih kucing untuk menggunakannya. Lalu, setiap si kucing tiba-tiba mencakar barang-barang kamu, bawalah kucing tersebut ke alat khusus mencakarnya sehingga lama - kelamaan dia akan mengerti kalau di sanalah dia harus mencakar.

4. Menyemprotkan aroma cakar kucing

Jika kamu ingin membuat alat mencakar menjadi lebih mengundang, gosokkan atau semprotkan minyak catnip pada alat tersebut. Hal ini membuat si kucing berpikir bahwa ia telah menandai wilayah tersebut dan tidak jadi mencakar tempat atau barang yang telah kamu semprotkan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

5. Bersikap tegas dan beri penghargaan

Kamu bisa memarahi si kucing bila dia tetap mencakar barang barang di rumah selain scratch post yang telah kamu sediakan. Mengejutkan si kucing dengan bunyi keras seperti ingin mengusirnya atau tepukan tangan, lalu meninggalkannya biasanya dapat dimengerti si kucing kalau perbuatannya itu salah. Walaupun tentunya tidak bisa dilakukan hanya dengan sekali aksi, kamu juga perlu bersabar.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan imbalan atau penghargaan bila si kucing melakukan sesuatu yang benar, yaitu mencakar di scratch post. Kamu bisa memberikan makanan yang disukai si kucing bila dia menurut, dan tidak mencakar barang barang di rumah.

Bicara makanan, kamu bisa berikan Muezza untuk kucing kesayangan. Makanan itu sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi.

Selain itu, , Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan. Ada beberapa pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Anda tentu menyayangi kucing dan memiliki hubungan yang dekat dengannya. Kucing tahu ketika kamu peduli kepadanya, dan akan membalas kepedulian itu. Kucing punya cara tersendiri untuk menyenangkan kamu. Dengan berjalannya waktu dan latihan ekspresi kasih sayang yang berulang-ulang, kucing akan menjadi terbiasa untuk mengacuhkan perabotan rumah dan menggunakan alternatif lain untuk kegiatan mencakar.

 

(*) 

Video Populer

Foto Populer