Sukses


11 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Jangan Anggap Remeh

Bola.com, Jakarta - Sejak dahulu, daun kelor sering digunakan sebagai bahan ramuan tradisional yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit. Rasanya sudah bukan rahasia lagi daun kelor memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sampai-sampai organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar. WHO pun menobatkan tanaman ini sebagai miracle tree alias pohon keajaiban.

Daun kelor atau Moringa Oleifera adalah tanaman asli Asia yang tumbuh di negara-negara beriklim tropis lainnya. Tanaman berbentuk bulat lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai kaya akan vitamin dan mineral.

Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C. Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, protein, serta rendah kalori.

Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Daun kelor dapat diolah menjadi jamu, teh herbal, hingga suplemen.

Tak sedikit pula orang yang menggunakan daun kelor sebagai bahan masakan. Berikut segudang manfaat daun kelor bagi kesehatan, dipetik dari Alodokter dan Medicalnewstoday, Minggu (3/1/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Menurunkan kadar gula darah

Daun kelor terlihat dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

Akan tetapi, manfaat daun kelor sebagai pengobatan diabetes pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengatasi peradangan

Kaya akan kandungan antiinflamasi, daun kelor diyakini bermanfaat untuk mencegah peradangan. Radang merupakan jenis penyakit yang ditandai cedera, seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh.

Peradangan apabila tidak segara diatasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

3. Mengontrol tekanan darah

Kaya akan kandungan kalium dan antioksidan, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

4. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Daun kelor dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya baik untuk mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat daun kelor selanjutnya terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun kelor yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan daya tahan tubuh. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Mengonsumsi daun kelor merupakan satu di antara cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor juga berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

7. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan zat besi, kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung.

Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara rutin.

8. Turunkan stres

Mengonsumsi daun kelor mampu membantu menurunkan kadar stres yang diderita seseorang. Dаlаm Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics menyatakan daun kelor mеruраkаn sаtu di antara аdарtоgеn аlаmi.

Аrtinyа, tаnаmаn ini mеmiliki kеmаmрuаn dаlаm mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng diрicu оlеh strеs.

9. Mengobati rematik

Daun kelor bisa menjadi obat herbal untuk mengobati rematik. Dalam pengobatan rematik daun kelor mampi mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi.

Hal tersebut sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat. Manfaat ini bisa digunakan untuk rematik, pegal linu, dan nyeri.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

10. Baik untuk mata

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai mengurangi risiko mata plus, minus, silinder, dan katarak.

Mengonsumsi daun kelor juga baik oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan matanya.

11. Memelihara kecantikan kulit wajah

Daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai produk kecantikan alami. Caranya, pertama buatlah pasta daun kelor lalu haluskan dengan ditambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian jadikan ramuan tersebut sebagai masker.

Pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama tiga hari di dalam lemari es.

 

Sumber: Alodokter, Medicalnewstoday

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer