VIDEO: Legenda Senam Hungaria Peraih 5 Medali Emas Olimpiade Rayakan Ultah Ke-100

VIDEO: Legenda Senam Hungaria Peraih 5 Medali Emas Olimpiade Rayakan Ultah Ke-100

- Agnes Keleti, seorang legenda senam Hungaria, belum lama ini merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Peraih 5 medali emas Olimpiade tersebut ultah pada 9 Januari 2021.

Agnes Keleti lahir di Budapest, Hungaria, pada 9 Januari 1921. Keleti menjadi legenda Olimpiade tertua ke-10 yang masih hidup. Felix Sienra, atlet kapal layar asal Uruguay, juga akan merayakan ulang tahunnya pada Januari 2021, tepatnya tanggal 21, dalam usia 105 tahun.

Keleti meraih satu medali emas di Olimpiade Helsinki, Finlandia, pada 1952. Empat tahun kemudian, ia meraih empat medali emas saat Olimpiade digelar di Melbourne, Australia.

Kisah menarik dari Keleti adalah ia salah satu orang yang selamat dari pembantaian Yahudi pada zaman Nazi. Mengapa ia bisa selamat padahal sempat dikeluarkan dari klub senam karena ia Yahudi?

Alasannya adalah Keleti menggunakan dokumen identitas diri palsu. "Saya bisa membeli dokumen diri dari seorang gadis Kristen yang usianya sama dengan saya," kata Keleti, seperti dilansir dari Guardian.

"Di Hungaria, orang Yahudi diwajibkan memakai tanda bintang kuning sebagai identitas, tetapi saya menolak memakainya. Dengan dokumen palsu, saya bisa keluar dari Hungaria. Saya sempat tinggal di desa terpencil dan bekerja sebagai asisten rumah tangga," ujar Keleti.

Keleti bila tidak cerdik menyelamatkan diri, ia akan bernasib sama dengan ayah dan pamannya. Keduanya menjadi korban pembantaian Yahudi oleh Nazi. Menurut ahli sejarah, terdapat 46 atlet Olimpiade yang tewas saat berada di kamp konsentrasi, 13 di antaranya merupakan penghuni kamp di Auschwitz, Polandia.

Mau lihat bagaimana legenda senam Hungaria dan Olimpiade, Agnes Keleti, merayakan ulang tahunnya ke-100? Kalian bisa menyaksikannya dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 12 January 2021, 15:43 WIB

Video Terkait

Spotlights