Sukses


8 Manfaat Paprika untuk Kesehatan, Mencegah Kanker dan Anemia

Bola.com, Jakarta - Paprika adalah satu di antara keluarga besar cabai. Meski berhubungan erat dengan cabai, rasa paprika cenderung lebih manis dan sedikit memiliki rasa pedas.

Jika Anda sering membeli makanan seperti pizza atau roti lapis, paprika akan cukup sering ditemui sebagai toping atau bahan pelengkap.

Paprika memiliki tiga macam varian, yaitu paprika berwarna merah, kuning, dan hijau. Setiap varian biasanya memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Secara khusus, beberapa penelitian mengatakan bahwa paprika merah lebih baik dikonsumsi tanpa dimasak, karena dalam keadaan tersebut kandungan nutrisinya akan lebih tinggi, daripada yang sudah dimasak.

Paprika mengandung vitamin C yang baik dalam menjaga imun tubuh. Selain itu paprika juga mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan cukup rendah akan kalori.

Ada beberapa manfaat paprika untuk kesehatan tubuh, seperti membantu mencegah kanker dan menjaga imunitas tubuh.

Berikut 8 manfaat paprika untuk kesehatan, yang dapat Anda konsumsi secara rutin, seperti dikutip dari Healthline, Healthfitnessrevolution, Sabtu (23/1/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Paprika untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Paprika mengandung banyak vitamin C, khususnya paprika yang telah matang dengan sempurna. Satu cangkir paprika yang diiris dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Vitamin C yang terkandung dalam paprika membantu menjaga metabolisme tubuh dan menguatkan imun sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Mencegah Kanker

Paprika mengandung karotenoid yang memiliki efek antioksidan kuat dan dapat mencegah berbagai kanker. Karotenoid menghilangkan radikal bebas, yang dapat merusak jaringan sel dalam tubuh.

Untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal, pastikan Anda mendapatkan dan mengonsumsi paprika matang. Makin matang paprika akan kian kaya kandungan karotenoidnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Paprika untuk Kesehatan

3. Menurunkan Berat Badan

Paprika cukup rendah lemak dan kalori, sekitar satu gram lemak dan 29 kalori dalam setiap cangkirnya.

Mengonsumsi paprika tidak akan menambah kalori dan lemak ke tubuh, dan menjaga berat badan tetap stabil.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Paprika mengandung lebih dari 30 jenis karoten yang berbeda, di antaranya alfa karoten, beta karoten, likopen, lutein, cryptoxanthin, dan zeaxanthin.

Karoten dalam paprika merupakan senyawa yang membuat paprika berwarna terang. Beberapa penelitian telah menunjukkan karoten membantu menyehatkan dan menyembuhkan mata dari berbagai penyakit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Paprika untuk Kesehatan

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Paprika merah mengandung serat tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan keseimbangan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi paprika merah, khususnya dalam keadaan masih mentah, akan membantu meredakan berbagai masalah yang terjadi di dalam usus.

6. Meredakan Nyeri

Paprika dapat meredakan beberapa nyeri di tubuh dengan berbagai cara. Paprika mengandung vitamin C dan vitamin K, yang memiliki sifat antiinflamasi yang cukup ampuh.

Sifat antiinflamasi dapat membantu meredakan pembengkakan, infeksi, berbagai macam nyeri, dan melindungi tulang dari osteoporosis. Kandungan capsaicin dalam paprika juga membantu meredakan berbagai macam nyeri.

5 dari 5 halaman

Manfaat Paprika untuk Kesehatan

7. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi umum yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan darah untuk membawa oksigen.

Satu di antara penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi, gejala utamanya adalah kelemahan dan kelelahan.

Paprika merah tidak hanya menjadi sumber zat besi yang baik, tetapi juga sangat kaya vitamin C, yang meningkatkan penyerapan zat besi dari usus Anda.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Secara khusus, capsanthin, karotenoid yang terkandung di dalam paprika, dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu mengonsumsi paprika juga dapat menurunkan kadar kolesrol LDL (jahat), yang dapat menumbuhkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Konsumsilah paprika secara mentah atau bubuk yang dicampurkan ke dalam masakan secara rutin agar kesehatan jantun tetap terjaga.

 

Sumber: Healthline, Healthfitnessrevolution

 

Yuk baca juga artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Bola Beli: Mengulas Kualitas Jersey Sepeda Consina Ultra Series

Video Populer

Foto Populer