Sukses


Sejumlah Alasan yang Bikin Kucing Benci dan Takut Air

Bola.com, Jakarta Kucing dikenal sebagai hewan yang bersih dan suka merawat diri. Sebagian besar waktunya digunakan untuk membersihkan tubuh dan bulu-bulunya. Namun, ketika dimandikan dia bisa menjadi hewan yang rewel dan tidak terlalu menyukainya. 

Apakah terjadi pada kucing? Dan, mengapa kucing bisa membenci air? Ini adalah pertanyaan yang kerap muncul dari para pemilik kucing ketika mereka kesulitan memandikan hewan peliharaan atau ketika kucing mereka melarikan diri setelah baru disiram dengan sedikit air.

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, bahwa air yang menyentuh tubuh kucing adalah salah satu hal yang ditakuti oleh kucing. Karena itulah tidak heran jika kucing membenci air. Selain alasan itu, dikutip dari animalwised.com berikut ini beberapa hal yang membuat kucing bisa membenci air. 

1. Asal kucing

Ada banyak teori tentang mengapa kucing dan anak kucing benci mandi. Yang utama berkaitan dengan asal mereka sebagai hewan berbulu. Kucing yang kita ketahui adalah keturunan dari kucing liar pertama yang ada hampir sepuluh ribu tahun yang lalu di daerah kering di Timur Tengah, yang berarti akses untuk air yang terbatas.

Setelah itu mereka bermigrasi dan berevolusi, kucing mengalami kehidupan di daerah lain di mana air lebih banyak ditemukan. Artinya, beberapa ras kucing memiliki kecenderungan genetik untuk menjauh dari air, sementara ras lain sekarang lebih terbiasa. Mereka yang tertarik pada air dapat menghabiskan waktu untuk menatapnya seolah-olah terhipnotis. Ini mirip dengan reaksi manusia ketika melihat laut.

2. Mereka merasa terjebak

Ketika kucing dimandikan atau direndam dalam air, bulunya menjadi lebih berat, yang mengganggu kelincahan dan mobilitasnya. Bulu basah menjadi pembatas kebebasan mereka.

 

2 dari 3 halaman

3. Mereka suka ketenangan

Sebagian besar kucing menyukai air, dan kebanyakan dari mereka adalah perenang yang hebat. Namun, yang tidak mereka sukai dan ditakuti adalah jika tenggelam, terutama saat mereka tidak menduganya. Kucing sendiri termasuk hewan suka melakukan sesuatu dengan lambat, dengan kecepatannya sendiri.

Selain itu, kucing adalah hewan yang memiliki kebiasaan, mereka tidak suka dengan kejutan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membiasakan mereka dengan rutinitas mandi saat masih kecil. Jika tidak, itu bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan bagi mereka dan memberikan  pengalaman hidup yang negatif.

4. Mereka perlu menjelajahi lingkungan

Kucing senang merasa dapat mengontrol lingkungannya dan hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Mereka makhluk yang sangat ingin tahu, melakukannya dengan bijaksana dan sangat hati-hati. Oleh karena itu, sebelum benar-benar memasukkan diri ke dalam air, kucing terlebih dahulu akan berjalan dengan tenang di sekitar luar air. 

Mereka memasukkan cakarnya terlebih dahulu dan mencium cairan tersebut. Jika menurutnya aman, mereka akan mendekatkan kepala ke air dan bisa membuat seluruh tubuh mereka basah. Sebagai pemilik kucing, jangan pernah memaksa kucing masuk ke dalam air.

 

3 dari 3 halaman

5. Mereka tidak suka baunya

Bau air penting bagi kucing untuk merasa tertarik padanya. Mereka dapat membedakan antara air tawar yang berasal dari sumber alami dan air yang diproses secara kimiawi. Tidak jarang melihat kucing menikmati kolam alami, tetapi mereka dapat dengan cepat melarikan diri dari bak mandi atau aliran air keran, karena baunya tidak menarik atau tidak dapat dipercaya sama sekali.

Meskipun kucing suka merawat dan membersihkan tubuhnya, aktivitas memandikan kucing tetap sangat penting karena tidak semua kotoran ditubuh kucing bisa hilang dengan jilatan lidah kucing. Terlebih jika itu kucing peliharaan, maka tubuh dan bulunya harus senantiasa bersih dan wangi.

Kucing yang tidak ingin dimandikan tidak boleh dipaksa, kamu terlebih dahulu membantunya beradaptasi dengan air dan kamar mandi di rumah. Tentukan waktu yang tepat memandikan kucing. Pastikan kucing kamu dalam keadaan senang, rileks dan kondisi perut kucing tidak dalam keadaan kosong. Kamu bisa memberi makan terlebih dahulu ketika akan memandikan kucing, tunggu suasana hatinya baik baru siap dimandikan.

Biasanya kucing dimandikan seminggu sekali. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering memandikan kucing. Tetapi, apabila kucing kamu nampak kotor dan terlihat banyak kutu di tubuhnya segeralah dimandikan sebelum kutu tersebut beranak pinak.

Gunakan shampo khusus kucing dan air hangat karena banyak kucing yang sensitif dengan air dingin. Gosok tubuhnya dengan pelan dan perhatikan kenyamanan kucing. Pastikan kamu juga memakai sarung tangan ya. Usai memandikannya, keringkan bulu-bulunya, kamu bisa menggunakan blower atau pengering rambut. Kamu juga bisa menjemurnya di bawah sinar matahari dengan keranjang kucing.

 

Setelah itu kamu bisa memberikan sentuhan lembut dan beri kucing makanan yang lezat dan bergizi. Seperti Muezza.makanan kucing kering (dry food) dengan protein tinggi, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibuat dari beberapa ligan saponin dan kompleks karbohidrat.

Ekstrak Yucca Schidigera juga sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. Muezza sendiri sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand sehingga pemilik kucing bebas khawatir saat memanjakan kucing kesayangan.

Makanan kucing Muezza ini memiliki empat pilihan varian rasa, diantaranya Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer