Sukses


Sulawesi Selatan Targetkan Emas pada PON 2021

Bola.com, Jakarta - Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan medali emas cabang Futsal di PON Papua 2021, Oktober mendatang. Pernyataan ini dilontarkan Ahmad Susanto yang baru saja terpilih sebagai Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulsel periode 2021-2025 pada kongres yang berlangsung di Hotel Grand Town, Makassar, Jumat (29/1/2021).

Menurut Ahmad Susanto, target itu berpatokan pada pembinaan dan prestasi futsal dalam tiga tahun terakhir. Pada kejuaraan nasional 2018 di Bandung, Sulsel menjadi runner-up setelah kalah dari tuan rumah Jawa Barat.

"Ada juga klub asal Sulsel yang menembus Liga Pro serta menyumbang pemain untuk tim nasional futsal," ungkap Ahmad Susanto kepada Bola.com usai kongres.

Untuk merealisasikan target itu, tim futsal Sulsel tengah menggelar persiapan intens di Makassar. "Demi penguatan tim, kami juga mengadakan seleksi buka tutup untuk memberi kesempatan kepada semua pemain potensial di Sulsel."

"Seleksi ini akan terus berlangsung sampai tenggat waktu pendaftaran ditutup akhir bulan depan," papar Ahmad Susanto yang pada periode sebelumnya menjadi Wakil Ketua AFP Sulsel ini.

"Bila tim definitif sudah terbentuk, pihaknya agar segera menggelar uji coba. Baik di Makassar atau ke provinsi lain. "Sulsel memiliki 22 klub yang bisa jadi lawan untuk uji coba di Makassar. Setelah itu, kami berencana beruji coba dengan tim futsal DKI Jakarta yang kekuatannya setara denngan Jawa Barat."

 

2 dari 3 halaman

Turnamen Internasional

Selain menguji kekuatan tim via laga uji coba, AFP Sulsel juga berencana menggelar turnamen internasional di Makassar. "Rencana turnamen itu akan kami godok dalam waktu dekat. Semoga bisa terlaksana. Tentunya, kami juga melihat situasi pandemi COVID-19 karena kaitannya dengan perizinan kegiatan," terang Ahmad.

Ahmad Susanto menambahkan, setelah membentuk kepengurusan, pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan Asosiasi Futsal Kabupaten/Kota (AFK) yang saat ini berjumlah 24. "Tadi, ada usulan dari peserta agar AFP menerapkan sistem punish and rewards ke AFK. Tujuannya agar memacu AFK lebih giat melakukan pembinaan atau menggelar turnamen di daerahnya," tutur Ahmad.

Sementara itu, ketua AFP Sulsel periode sebelumnya, Abdul Sadat, yakin dibawah kepemimpinan Ahmad Susanto, pembinaan dan prestasi futsal di Sulsel bakal lebih baik. "Selama ini, Pak Ahmad Susanto lebih banyak memegang kendali kepemimpinan di AFP Sulsel. Jadi, beliau pasti sudah faham betul dengan kondisi yang ada," ujar Sadat yang pernah menjadi manajer timnas futsal puteri ini.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer