Sukses


6 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan, Menjaga Kesehatan Mata dan Tulang

Bola.com, Jakarta - Vitamin A menjadi satu di antara nutrisi yang sangat penting yang harus secara rutin didapatkan oleh tubuh. Namun, vitamin satu ini tidak dapat diproduksi secara mandiri oleh tubuh.

Itulah mengapa tubuh membutuhkan asupan vitamin dari berbagai makanan atau minuman yang kita konsumsi. Ada berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, apel, dan anggur.

Vitamin A menjadi vitamin yang paling pertama ditemukan, itu mengapa vitamin ini diberi nama sesuai huruf abjad paling awal. Vitamin jenis ini menjadi penting bagi tubuh karena berbagai manfaatnya. 

Vitamin A bermanfaat, di antaranya menjaga kesehatan mata, menjaga metabolisme tubuh, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim. 

Secara khusus, untuk meminimalisasi kekurangan vitamin A pada bayi, pemerintah membuat program pemberian vitamin ini kepada ibu hamil.

Senyawa penting vitamin A ditemukan dalam produk hewani dan nabati, dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin A preformed dan provitamin A.

Vitamin A preformed dikenal sebagai bentuk aktif vitamin, yang dapat dimanfaatkan tubuh secara langsung dan dapat ditemukan pada produk hewani seperti daging ayam, ikan , dan sapi.

Sedangkan Provitamin A adalah bentuk tidak aktif dari vitamin yang ditemukan pada tanaman, yang dapat ditemukan pada wortel dan berbagai jenis buah serta sayuran lainnya.

Berikut enam manfaat vitamin A untuk kesehatan, yang dapat Anda cermati semenjak dini, seperti dikutip dari Healthline, Sabtu (30/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting untuk menjaga kekuatan tulang. Namun, vitamin A juga tidak kalah penting.

Faktanya, banyak orang yang kekurangan vitamin A, lebih berisiko mengalami patah tulang daripada orang yang mengonsumsi makanan mengandung vitamin A secara rutin. 

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh  

Vitamin A yang secara rutin masuk ke tubuh memiliki peran penting dalam menjaga keadaan tubuh secara alami. Hal tersebut termasuk menjauhkan bakteri dari paru-paru, usus, dan selaput mata.

Vitamin A juga dapat membantu dalam proses produksi dan fungsi sel darah putih, untuk menangkap dan membersihkan bakteri pada aliran darah.

Kekurangan asupan vitamin A dapat menambah risiko terkena berbagai macam infeksi dan memperlambat penyebuhan dari luka yang mungkin sedang dialami.

Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena infeksi dan penyakit lainnya, konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin A.

3 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan

3. Mengurangi Jerawat

Jerawat yang muncul pada kulit adalah satu di antara penyakit inflamasi kronis. Orang yang memiliki jerawat akan timbul bintik-bintik merah, biasanya di bagian wajah, punggung, dan dada.

Meski bintik-bintik atau jerawat tersebut secara fisik tidak berbahaya bagi tubuh, jerawat memiliki efek serius pada kondisi psikologis seseorang dan menyebabkan tidak percaya diri.

Saat tubuh kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat, karena kekurangan vitamin ini menyebabkan kelebihan protein keratin dalam folikel rambut.

Hal tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat, karena membuat lebih sulit bagi sel-sel kulit mati untuk dihilangkan dari folikel rambut, yang menyebabkan penyumbatan.

 

4. Menurunkan Risiko Terkena

Memperkaya vitamin A dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker dengan cukup signifikan. 

Beberapa penelitian mengungkap, mengonsumsi vitamin A dengan porsi yang cukup tinggi dalam bentuk sayuran, dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam jenis kanker, seperti serviks, paru-paru, dan kandung kemih.

Konsumsi berbagai macam jenis sayuran dan buah-buahan seperti wortel, anggur, kiwi, paprika merah, brokoli, dan berbagai macam lainnya untuk mendapatkan asupan vitamin A yang sangat penting bagi tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh mata, untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal berupa listrik yang dikirimkan ke otak.

Beberapa ciri kekurangan vitamin A adalah terjadinya rabun malam, kondisi di mana mata tidak dapat melihat dengan jelas atau yang biasa disebut nyctalopia.

Rabun malam sering terjadi pada kebanyakan orang yang kekurangan asupan vitamin A, karena vitamin A merupakan komponen utama dari pigmen rhodopsin. Rhodopsin ditemukan di retina mata dan sangat sensitif terhadap cahaya.

Selain dapat mengurangi risiko rabun malam, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat membantu Anda mencegah risiko pengurangan daya penglihatan, yang biasanya dialami oleh lansia.

Konsumsi berbagai macam makanan dan suplemen yang mengandung vitamin A secara rutin, agar dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

 

6. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Vitamin A sangat penting untuk menjaga sistem reproduksi yang sehat baik pada pria maupun wanita, serta memastikan pertumbuhan dan perkembangan normal embrio selama kehamilan.

Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan meneliti pentingnya vitamin A dalam reproduksi pria, menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A menghambat perkembangan sel sperma, menyebabkan kemandulan.

Pada wanita hamil, vitamin A juga terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan banyak organ dan struktur utama bayi yang belum lahir, termasuk kerangka, sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru, dan pankreas.

 

Sumber: Healthline

 

Yuk baca juga artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer