Sukses


9 Manfaat Yoga bagi Kesehatan, Mengurangi Stres dan Kecemasan

Bola.com, Jakarta - Yoga merupakan olahraga ringan yang identik dengan pergengan otot. Yoga bisa dilakukan oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan.

Rutin melakukan yoga dapat meningkatkan fokus mental dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu, yoga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, pembentukan otot, dan meningkatkan konsentrasi. Gerakan-gerakan dalam yoga dapat membawa banyak oksigen ke otak.

Itulah mengapa, yoga kerap kali dipilih ketika seseorang mengalami stres atau tekanan hidup yang cukup berat.

Ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda peroleh dengan rutin melakukan yoga. Berikut penjelasan manfaat yoga bagi kesehatan, dikutip dari Klikdokter, Rabu (3/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

1. Mengurangi Stres

Manfaat yoga untuk kesehatan mental diperoleh dari kemampuannya meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan yoga dapat menurunkan sekresi kortisol, hormon stres utama.

Sebuah studi menjelaskan adanya pengaruh kuat dari yoga terhadap stres. Penelitian tersebut diikuti sebanyak 24 partisipan wanita yang merasa tertekan secara emosional.

Setelah program yoga selama tiga bulan, hasilnya, partisipan memiliki tingkat kortisol yang jauh lebih rendah. Mereka juga memiliki tingkat stres, kecemasan, kelelahan, dan depresi yang lebih rendah.

Hasil serupa juga didapat dari penelitian yang dilakukan terhadap 131 partisipan. Penelitian tersebut menemukan, program yoga selama 10 minggu telah membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Bila digunakan sendiri atau bersama dengan metode lain untuk mengurangi stres (seperti meditasi), yoga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengendalikan stres.

2. Meredakan Gangguan Kecemasan

Banyak orang mulai melakukan yoga sebagai cara untuk mengatasi perasaan cemas. Menariknya, ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan  manfaat yoga untuk mental dapat membantu mengurangi kecemasan.

Dalam sebuah penelitian, sebanyak 34 perempuan dengan gangguan kecemasan berpartisipasi dalam kelas yoga selama dua kali seminggu dalam dua bulan. Hasilnya, mereka yang berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat yoga untuk jiwa makin banyak dikenal. Kini, yoga menjadi makin umum digunakan sebagai terapi tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup banyak orang.

Dalam sebuah penelitian, 135 lansia melakukan yoga selama enam bulan. Hasilnya, berlatih yoga dapat meningkatkan kualitas hidup, suasana hati, dan mengurangi kelelahan secara signifikan.

Sebuah penelitian menemukan adanya manfaat yoga dalam meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala pada pasien kanker. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian terhadap wanita penyintas kanker payudara yang menjalani kemoterapi.

Hasilnya, yoga dapat mengurangi gejala kemoterapi, seperti mual dan muntah, sekaligus meningkatkan kualitas hidup pasien secara keseluruhan.

4. Membantu Orang dengan Gangguan Kejiwaan

Manfaat yoga untuk ketenangan jiwa salah satunya bisa membantu seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam 'The Journal of Alternative and Complementary Medicine'.

Studi tersebut mengungkapkan, program terapi yoga selama delapan minggu (yang mencakup latihan pernapasan dan relaksasi) menunjukkan penurunan pikiran negatif pada pasien skizofrenia.

5. Membuat Pikiran 'Awet Muda'

Awet muda tak melulu soal penampilan, pikiran pun sama. Pikiran yang ‘awet muda’ adalah satu di antara manfaat yoga untuk jiwa.

Studi yang dipublikasikan di 'International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity' menemukan yoga dapat membantu lansia berusia 60 tahun meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas gerakan, serta kekuatan lengan dan tungkai.

Selain itu, yoga ditemukan dapat menurunkan risiko terjadinya depresi, meningkatkan kualitas tidur, serta menunjang kebugaran tubuh pada lansia.

4 dari 4 halaman

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

6. Mengatasi Gangguan Makan

Terapi yoga dapat membantu Anda yang mengalami gangguan makan. Sebab, yoga dapat mengubah pandangan terhadap tubuh.

Manfaat yoga untuk mental, yakni mengingatkan pasien bahwa mereka memiliki kendali atas tubuh mereka, membantu pasien tersebut untuk melihat tubuh sebagai aset, dan membantu mereka merasa lebih kuat.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat Anda stres atau banyak pikiran, biasanya Anda mengalami sulit tidur, rentan terbangun saat malam hari, dan hal-hal lain yang mengganggu kualitas tidur malam Anda. Kondisi insomnia ini bisa diatasi dengan olahraga yoga.

8. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat yoga untuk jiwa berikutnya adalah mendongkrak percaya diri. Bila Anda rutin melakukan yoga, postur tubuh akan terbentuk dengan baik. Yoga juga bisa menurunkan berat badan.

Bagi pria yang sudah memasuki fase lansia, otot yang kuat dan tubuh yang tegap dapat membantu mereka untuk tampil pede. Secara umum, baik bagi pria maupun wanita, tubuh ideal dapat memberikan suntikan rasa percaya diri.

9. Melawan Depresi

Beberapa penelitian menunjukkan yoga mungkin memiliki efek antidepresan dan dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Manfaat yoga untuk kesehatan mental yang satu ini didapat karena yoga dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang memengaruhi kadar serotonin, neurotransmitter yang sering dikaitkan dengan depresi.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer