Sukses


7 Tips Membantu Kucing Kesayangan Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Bola.com, Jakarta Untuk kenyamanan dan keamanannya, kucing sangat memegang teguh rutinitasnya. Tidak seperti hewan lain, rutinitas kucing terjadwal sedemikian rupa sehingga waktu makan, tidur, bermain, kebersihan, dan sosialisasinya harus selalu teratur. Karena alasan itu, perubahan mendadak pada rutinitas ini dapat menyebabkan kucing merasa stres, malas bergerak, takut dan cemas. 

Pindah rumah dan lingkungan baru menjadi perubahan yang signifikan, memberikan pengalaman yang kompleks bagi kucing, baik mereka yang masih berusia anak-anak maupun dewasa. Namun, anak kucing atau kucing muda seringkali lebih mudah beradaptasi dan fleksibel dibandingkan kucing dewasa. Ini tidak berarti bahwa kucing dewasa atau kucing yang lebih tua tidak dapat mengalami proses perpindahan yang baik, namun akan membutuhkan waktu lebih lama dan butuh kesabaran.

Untuk membantu kucing kamu beradaptasi secara positif dan cepat, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan para pemilik kucing,

1. Ubah perpindahan menjadi pengalaman positif

Ada banyak orang yang secara alami merasa sangat tertekan saat pindahan. Namun, penting untuk diingat bahwa kucing kita sering kali merasakan perasaan kita. Jika kamu merasa sangat stres, itu bisa menular ke kucing. Jadi, kamu harus membantu kucing dengan memberikan bahasa tubuh yang positif. Tetaplah tenang dan merencanakan langkah kamu sedemikian rupa sehingga kucing kamu secara alami akan merasa lebih tenang dan aman.

2. Kemas barang kamu secara bertahap

Kurangnya perencanaan dan perpindahan yang terburu-buru adalah dua faktor lagi yang dapat menyebabkan stres pada kucing saat pindah. Jika kamu merencanakan pindahan elangkah demi selangkah dan mengemas barang-barang sedikit demi sedikit, kucing kamu dapat bersiap untuk perubahan dengan cara yang tenang. Pindahkan barang-barang kucing paling terakhir. Setelah kucing Anda benar-benar nyaman dan aman saat dipindahkan, kamu dapat mengemas barang-barangnya. 

3. Sediakan tempat berlindung untuk kucing Anda selama beraktivitas 

Aktivitas bongkar muat kotak, tinggal di kotak yang berantakan dengan seluk beluk orang di wilayah yang tidak diketahui, bisa menjadi pengalaman yang cukup kacau untuk kucing kamu. Semua gangguan itu bisa menimbulkan banyak stres.

Oleh karena itu, selama tahap perpindahan siapkan tempat berlindung yang aman dan nyaman. Kamu bisa menyalakan musik yang menenangkan untuk membantu kucing merasa lebih tenang. Pertimbangkan juga untuk meninggalkan kotak kardus dengan mainan kucing, lebih baik lagi dengan selimutnya. Dengan cara ini, kucing  akan memiliki tempat berlindung kedua dan lebih familiar.

4. Pastikan kucing bersama kamu ketika pindah

 

Saat bepergian dengan mobil, pastikan kucing dapat melihat kamu agar merasa aman dan nyaman. Jangan tinggalkan kucing Anda dengan kotak atau di dalam truk yang bergerak. Gendong selalu kucing, tunjukkan kasih sayang kamu, pastikan kucing merasa nyaman dan aman selama perjalanan.

Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan lokasi wadah makan. Jauh dari keramaian, kotak pasir, dan terpisah dari hewan peliharaan lainnya, lengkapi sesi makan yang menyenangkan dengan rutin memberinya Muezza. 

Diproduksi dari bahan-bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, cat food ini bebas dari bahan sintetik yang membantu menjaga kucing tetap sehat dan aktif. Bukan hanya memprioritaskan kesehatannya saja, Muezza yang telah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand juga bikin pemiliknya lebih optimal merawat hewan peliharaan. 

Tak perlu risih saat memegang makanan, membersihkan wadah makan, hingga mencari wadah untuk menyimpan cat food. Tersedia dalam 4 varian flavor yang disukai kucing, dapatkan Muezza sekarang juga di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

5. Lepaskan kucing setelah semuanya beres

Pastikan kamu telah menyiapkan jenis tempat berlindung yang aman untuk kucing setelah pindah ke rumah baru. Pastikan semua mainan kucing, tempat tidur, dan air mancur minum ditempatkan di ruang itu. Saat membongkar kotak dan membereskannya, tinggalkan kucing di tempat yang aman. Setelah semuanya teratur barulah melepaskan kucing ke lingkungan baru itu.

6. Beri kucing Anda kebebasan dan waktu untuk menjelajahi rumah barunya

Penting sekali untuk memberi waktu dan ruang bagi kucing kamu untuk menjelajahi rumah barunya dan semua rangsangan yang menyertainya. Pastikan untuk selalu memberi kucing lingkungan yang diperkaya dan merangsang keingintahuan alaminya. Lingkungan yang diperkaya juga akan memungkinkan mereka untuk merasa menstimulasi: mengembangkan karakter kognitif, emosional, dan sosial mereka.

7. Habiskan waktu bersama kucing di rumah baru Anda

 

Kunci dalam membantu kucing merasa nyaman, aman, dan diterima di rumah barunya adalah kasih sayang dan waktu khusus yang diberikan oleh pemiliknya. Oleh karena itu, selalu ingat untuk menghabiskan waktu bersama kucing Anda di rumah baru mereka beri  mereka makanan dan mainan kesukaannya.

Waktu yang dibutuhkan kucing untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya bergantung pada kepribadian individu, proses, dan lingkungan. Ingatlah untuk tetap bersabar dan berikan kucing cukup waktu untuk merasa aman dan menjelajahi lingkungan baru yang tidak dikenal ini.

Memaksa kucing untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya sendiri merupakan tidak baik bagi proses adaptasi, kesehatan dan mentalnya. Karena wajar jika kucing tampak sedikit lebih penakut, bingung, dan bahkan agak takut ketika dia tiba di lingkungan yang tidak dikenal. Secara umum, kucing membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk beradaptasi dengan rumah baru.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer