Sukses


Ketahui Suasana Hati dan Emosi Kucing dari Gerakan Ekornya

Bola.com, Jakarta Kucing menggunakan anggota tubuh, salah satunya adalah ekornya untuk berkomunikasi dengan manusia, hewan lain, dan lingkungannya. Berkat postur dan ekspresi wajah mereka, kucing dapat mengirimkan pesan mengenai kondisi pikiran, emosi dan persepsi tentang sesuatu hal yang mereka lihat dan rasakan.

Dengan memahami bahasa tubuh kucing, Cat Lovers tidak hanya dapat memahami kepribadian dan kondisi psikologisnya tetapi juga memungkinkan kamu untuk meningkatkan komunikasi serta memperkuat ikatan. Untuk membantu kamu menafsirkan bahasa tubuh kucing, simak ulasan di bawah ini ya.

1. Ekor kucing terangkat jadi tanda kebahagiaan

Secara umum, ekor kucing yang terangkat ini menunjukkan hal positif. Mereka merasa bahagia, rileks dan merasa aman. Namun, ia bisa mengekspresikan emosi yang berbeda jika diikuti dengan sinyal atau gerakan ekor lainnya. 

  • Ekor kucing terangkat dan gemetar

Jika ekor kucing kamu terangkat dan gemetar, itu berarti kehadiran kamu memberikan kebahagiaan untuknya.

  • Ekor kucing terangkat dan mengarah ke atas

Kucing dengan ekor mengarah ke atas bisa dikatakan dia bahagia dan merasa aman di lingkungan tempat dia berada.

  • Ekor kucing ke atas dan sedikit ke depan 

Saat ekor kucing mengarah ke atas, lalu sedikit ke depan (jatuh di atas punggungnya) dan kucing membiarkan pantatnya terbuka, ini bukanlah tanda sebagai perilaku seksual. Itu adalah sikap ramah yang mengundang interaksi. Di dunia kucing, ha itu dilakukan tidak hanya untuk menampilkan diri, tetapi juga untuk menunjukkan kepercayaan dan keterlibatan dengan individu lain.

Oleh karena itu, saat kamu memperhatikan bahwa kucing sedang mengangkat dan menggerakkan ekornya ke atas punggungnya saat mengelusnya, itu tandanya kucing Anda menikmati kebersamaan dengan Anda.

 

 

2 dari 3 halaman

2. Ekor kucing terangkat bisa jadi tanda tanya

Terkadang ekor yang terangkat memberi arti bahwa kucing tidak yakin tentang sesuatu di sekitarnya atau dia memiliki banyak tanda tanya. Bahasa tubuh ini tidak selalu mewakili sesuatu yang positif atau negatif, melainkan menunjukkan keingintahuan. Ada dua sinyal yang menarik dari tanda ini.

  • Ekor kucing diangkat sudut tertentu

Bentuk ekor ini biasanya muncul saat kucing merasakan rangsangan atau pengalaman baru di lingkungannya dan tidak tahu bagaimana untuk bereaksi. Misalnya, saat hewan atau orang tak dikenal memasuki rumah kamu untuk pertama kalinya. 

  • Ekor dengan ujung bengkok

Ekor yang terangkat dengan ujung bengkok ini akan terlihat seperti membentuk bentuk "tanda tanya". Kalau seperti ini kucing kamu akan dalam posisi diam atau malu. Dia belum tahu dengan sesuatu yang dilihatnya sehingga memilih untuk diam dan tenang.

3 dari 3 halaman

3. Eko kucing yang terangkat bisa jadi tanda marah

Jika ekor kucing kamu terangkat dan melengkung dengan bulu yang tebal dan berbulu, maka berhati-hatilah. Bentuk ekor ini biasanya menunjukkan bahwa kucing kamu sedang marah atau merasa takut, sehingga bisa membuatnya lebih agresif. Selain itu, ada bahasa tubuh kucing lainnya yang dapat menjelaskan apakah kucing Anda marah atau takut? Seperti telinga mengarah ke belakang atau ke samping, tulang belakang yang diperpanjang atau pupil yang melebar.

Jika ekor kucing yang terangkat tampak gelisah atau kejang, itu juga harus ditafsirkan sebagai sinyal negatif. Kucing sering mengambil posisi ini untuk menunjukkan bahwa mereka mulai merasa stres atau marah. Bentuk ekor ini juga memberikan sinyal bahwa dia ingin sendiri.  Selain itu, jika kamu sering menemukan kucing merasa ketakutan atau agresif, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk memastikan kucing tidak sakit. 

Setiap Kucing Unik dan Berbeda

Setiap kucing memiliki kepribadian khusus, berbeda dari spesies lain. Sehingga suasana hati dan pikirannya juga dapat sangat bervariasi tergantung pada individu tertentu. Karena pengalaman hidup mereka sendiri, periode sosialisasi atau genetika, kucing dapat mengadopsi yang berbeda: postur, ekspresi, dan suara. Kucing-kucing ini, tergantung latar belakangnya, akan berekspresi dan berkomunikasi sesuai dengan lingkungannya. Karena alasan ini, tidak mungkin untuk menulis manual yang tepat tentang "bagaimana memahami kucing", karena setiap individu itu unik.

Karena kucing sangat unik secara individual, maka untuk memahami kucing, kamu perlu meluangkan waktu dan perhatian untuk dengan mengamati perilaku dan bahasa tubuhnya yang spesifik.

Untuk menjaga kucing selalu sehat dan aktif, jangan lupa untuk memberikan makanan kucing yang bergizi dan bernutrisi seperti Muezza.  Muezza memiliki nutrisi yang lengkap dengan kadar yang tepat, untuk menjaga kesehatan kucing. Hanya menggunakan bahan alami, cat food ini diolah dengan teknologi modern dan melibatkan ahli nutrisi untuk menjaga kualitasnya.

Selain itu, Muezza telah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, tak perlu cemas saat memegang cat food untuk diberikan langsung pada kucing kesayanganmu. Begitu juga saat terkena liur kucing tanpa sengaja, leluasa mencari wadah penyimpanan, hingga mencuci wadah makannya. Punya varian rasa Tuna, Salmon, Ocean Fish, dan Mackerel, tinggal pilih Muezza yang bakal jadi favorit kucingmu. Segera sediakan di rumah, cukup pesan di Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer