Sukses


9 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Lebih Sehat ketimbang Beras Putih

Bola.com, Jakarta - Beras merah merupakan makanan yang sering dikaitkan dengan makan sehat. Dianggap seperti biji-bijian utuh, Beras Merah diproses lebih ringan atau lebih mudah daripada nasi putih.

Kandungan gizi atau nutrisi dalam beras merah lebih banyak daripada beras biasa atau beras putih. Dalam beras merah terkandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

Itulah mengapa, beras merah baik untuk perkembangan tulang, penyembuhan luka, metabolisme kontraksi otot, fungsi saraf, dan pengaturan gula darah.

Beras merah mengandung lebih banyak serat ketimbang biji-bijian olahan seperti nasi putih. Memilih biji-bijian kaya serat, seperti nasi merah, dapat mengurangi lemak perut dan membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, beras merah tidak mengandung gluten dan merupakan pilihan yang aman dan sehat bagi Anda yang mengikuti diet bebas gluten.

Berikut manfaat beras merah bagi kesehatan yang jarang diketahui, dikutip dari Healthline dan Ndtv, Senin (15/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

1. Diabetes

Penelitian menunjukkan beras merah kaya akan asam fitat, serat, dan polifenol esensial. Itu adalah karbohidrat kompleks yang membantu pelepasan gula lebih lambat, oleh karena itu, menjaga Anda tetap sehat.

2. Kesehatan Tulang

Beras merah membantu menjaga kesehatan tulang. Beras merah kaya akan magnesium dan kalsium yang membantu menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

3. Kesehatan Kardiovaskular

Beras merah membantu mencegah penyumbatan arteri. Selain itu mengandung selenium yang baik untuk jantung Anda, membantu mengurangi risiko gangguan jantung, seperti hipertensi dan penyakit pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

4. Kesehatan Pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, mengatur fungsi usus dan mencegah penyerapan asam, dan dengan demikian, membuat proses pencernaan menjadi mudah.

5. Manajemen Berat Badan

Ini termasuk mangan dan fosfor, yang membantu untuk menyintesis lemak tubuh Anda dan mengontrol obesitas. Kandungan seratnya yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama dan dengan demikian, mencegah keinginan yang berlebihan.

6. Mengurangi Risiko Sindrom Metabolik

Studi terbaru menunjukkan makan sereal tinggi serat dan rendah kandungan glikemik, seperti beras merah, mengurangi risiko pengembangan sindrom metabolik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

7. Mengurangi Kolesterol

Minyak yang ada dalam beras merah diketahui dapat mengurangi sebagian besar kadar kolesterol LDL. Hal itu menjadikan beras merah satu di antara biji-bijian paling sehat dalam makanan kita.

Serat dalam beras merah mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membantu ekskresinya.

8. Meningkatkan Energi

Beras merah mengandung magnesium, yang membantu meningkatkan energi Anda. Hal itu mengubah karbohidrat dan protein menjadi energi, yang membuat Anda tetap aktif untuk jangka waktu yang lama.

9. Pencegahan Batu Empedu

Biji-bijian utuh seperti beras merah, yang tinggi serat tidak larut dapat mencegah risiko batu empedu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam 'American Journal of Gastroenterology', menunjukkan wanita yang mengonsumsi lebih banyak serat, memiliki risiko 13 persen lebih rendah terkena batu empedu dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi makanan kaya serat paling sedikit.

 

Sumber: Healthline, Ndtv

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

10 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions Sepanjang Masa

Video Populer

Foto Populer