Sukses


Daftar Makanan yang Beracun untuk Kucing, Catat!

Bola.com, Jakarta Setiap adopter, pasti ingin memastikan hewan peliharaannya seperti kucing, mendapatkan kebutuhan nutrisinya. Namun terkadang, kita tergoda untuk memberikan sisa makanan di meja makan dan memberikannya untuk kucing. 

Awas! Bisa-bisa makanan yang kamu berikan itu malah berbahaya alias beracun untuk kucing kesayanganmu. Agar kucingmu sehat dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, yuk catat daftar makanan yang ternyata berbahaya, seperti dikutip laman Hill Spet berikut ini: 

 

2 dari 4 halaman

1. Bawang

Semua jenis bawang, seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, bahkan bawang bombai dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah untuk kucing. Hal tersebut juga dapat menyebabkan anemia. 

Makanan tersebut biasanya beracun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Nah untuk bawang bombai dan bawang putih yang dicampurkan untuk sup juga dapat menjadi racun untuk kucingmu. 

Gejala awal yang dirasakan kucingmu adalah lesu, lemas, napsu makan berkurang, pucat, dan urine berwarna jingga hingga merah tua. Jika muncul gejala ini, segera pergi ke dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatan kucing. 

2. Telur, Daging, dan Tulang Mentah

Sama seperti manusia, kucing yang mengonsumsi telur atau daging mentah berpotensi keracunan salmonella atau E. coli. Gejala penyakitnya bervariasi, tapi nggak termasuk muntah, diare, dan lesu. 

Salmonella dan E. coli juga dapat ditularkan ke manusia, jadi berhati-hatilah! Cuci tangan dengan benar setelah memasak dan jauhkan kucing dari makanan mentah ini. 

Oh ya, telur mentah juga mengandung enzim yang dapat menyebabkan masalah kulit dan bulu. Disarankan juga untuk nggak memberikan atau membiarkan kucing makan tulang mentah. Selain bisa tersedak, tulang mentah juga dapat melukai saluran pencernaan dan merusak giginya.

 

3 dari 4 halaman

3. Cokelat dan Kafein

Kita semua pernah mendengar bahwa cokelat bisa berakibat fatal bagi anjing, tetapi juga beracun bagi kucing. Yup, itu karena cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines, yang dapat menyebabkan muntah dan diare, suhu tubuh tinggi, tremor otot, irama jantung yang tidak normal, ketidaknyamanan perut, peningkatan rasa haus, dan kejang. 

Methylxanthines juga ditemukan dalam minuman berkafein dan harus dihindari. Temui dokter hewan Anda jika kucingmu mengalami salah satu dari gejala ini. Sebagai pedoman umum, cokelat yang lebih gelap lebih berbahaya daripada susu dan cokelat putih.

4. Susu dan Produk Turunannya

Meskipun kucing senang minum susu, namun susu belum tentu baik untuknya. Kucing kesulitan mencerna laktosa dalam susu karena bisa menyebabkan sakit perut atau diare. Sebagian besar kucing hanya terpapar laktosa dari susu induknya saat mereka masih kecil. 

Oleh karena itu, anak kucing hanya minum dari susu induknya selama beberapa minggu. Untuk diketahui, pencernaan kucing nggak ‘dilengkapi’ sistem untuk menangani pelepasan kembali laktosa. Jadi, meskipun beberapa kucing nggak mengalami kesulitan mentolerir susu, mereka tidak disarankan untuk minum apapun, kecuali susu ibu mereka saat masih anak kucing.

5. Anggur dan Kismis

Ini yang nggak banyak orang tahu bahwa anggur dan kismis dalam jumlah kecil dapat menyebabkan kucingmu sakit, bahkan dapat menyebabkan perkembangan gagal ginjal yang cepat. 

Dalam 12 jam setelah menelan, terkadang muntah terjadi. Tanda-tanda lain yang dapat muncul dalam 24 jam termasuk lesu, diare, nafsu makan berkurang, sakit perut, buang air kecil berkurang dan sakit perut. Meski tidak jelas mengapa, anggur dan kismis bisa menyebabkan gagal ginjal pada kucing, namun muntah dan hiperaktif yang berulang menjadi tanda awal. 

4 dari 4 halaman

Makanan Gizi dan Seimbang untuk Kucing

Nah sudah saatnya kamu lebih aware dengan makanan yang kamu berikan untuk si kucing kesayangan. Berikan asupan makanan yang tepat untuk semua jenis kucing dewasa, yaitu Muezza. 

Ini merupakan brand makanan kucing yang terserifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Muezza mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatannya. 

Menariknya, selain halal, kandungan ekstrak Yucca Schidigera dalam Muezza aampuh mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. 

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan. Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong

Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

Video Populer

Foto Populer