VIDEO: Mengenal Nicola Spirig, Tenar di Olimpiade 2012 dan Kini Ingin Selesaikan Triathlon Ironman di Bawah 8 Jam

VIDEO: Mengenal Nicola Spirig, Tenar di Olimpiade 2012 dan Kini Ingin Selesaikan Triathlon Ironman di Bawah 8 Jam

- Nama Nicola Spirig pernah menjadi sorotan di Olimpiade London 2012. Kini, atlet Swiss tersebut dikabarkan akan menyelesaikan triathlon Ironman di bawah 8 jam? Wow! Benarkah?

Nicola Spirig pernah tenar di London ketika meraih medali emas di nomor triathlon putri. Ia menjadi juara setelah melewati lari yang ketat dengan pesaing terdekatnya, Lisa Norden, asal Swedia. Kata "terdekat" di sini diartikan sebenar-benarnya dekat.

Ya, kedua atlet putri itu finis dengan waktu yang sama, yaitu 1 jam, 59 menit, dan 48 detik. Keduanya hanya dibedakan dengan jarak tipis menuju garis finis, yaitu sekitar 2 sentimeter. Spirig akhirnya menjadi juara setelah ditentukan melalui foto finis, atau berdasarkan foto di garis finis.

Kini, Spirig memiliki misi mulia bersama dengan atlet triathlon putri lainnya, yaitu Lucy Charles-Barclay, asal Britania Raya, pada 2022. Keduanya akan melakoni tantangan finis triathlon Ironman di bawah 8 jam, seperti dilansir AP. Rekor dunia masih dipegang Chrissie Wellington dengan 8 jam, 18 menit, 13 detik pada Juli 2011.

Namun, catatan waktu Spirig dan Charles-Barclay bila berhasil tidak akan masuk rekor dunia. Hal itu karena mereka menjalaninya seperti lomba, tetapi akan mendapat beberapa bantuan teknologi dan hal lainnya, seperti juga yang dilakukan pelari Eliud Kipchoge, dengan maraton di bawah 2 jam pada 2019.

Triathlon Ironman merupakan jenis triathlon yang lebih ekstrim. Biasanya menempuh jarak untuk sepeda 3,86 km, lalu bersepeda sejauh 180,25 km, kemudian dilanjutkan berlari 42,20 km.

Kini, Nicola Spirig sedang mempersiapkan diri untuk tantangan berat di triathlon Ironman tersebut. Sekaligus bersiap untuk Olimpiade kelimanya, yaitu di Tokyo 2021.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 24 February 2021, 14:53 WIB

Video Terkait

Spotlights