Sukses


Potret Keunikan Kucing Siam, Bentuk Wajah Terus Berubah

Bola.com, Jakarta Kucing Siam disebut-sebut sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia. Tidak ada yang tahu persis kucing Siam kapan pertama kali dibiakkan dan dipelihara sebagai kucing peliharaan. Tapi yang pasti mereka diyakini berasal dari Siam (Kini dikenal Thailand).

Dikutip dari thesprucepets.com, Kucing Siam dianggap juga sebagai bangsawan karena kerajaan Thailand memperlakukan kucing Siam secara istimewa seperti raja dan ratu. Mereka percaya bahwa akan dilahirkan kembali sebagai kucim Siam ketika mereka meninggal atau bahwa kucing Siam akan mengambil jiwanya.

Keunikan lain dari kucing Siam adalah bentuk wajah yang terus berubah. Ada sejumlah sub-varietas kucing Siam, tiga perbedaan utama didasarkan pada ukuran dan bentuk kepala kucing, dan perbedaan ini telah berubah dari waktu ke waktu. Tergantung pada preferensi peternak, kepala kucing Siam dapat memiliki bentuk seperti berikut:

1. Berbentuk apel

Kucing Siam dengan kepala berbentuk apel bulat dianggap sangat mirip kucing Siam pertama dari Thailand. Mereka biasanya disebut sebagai Traditional Apple Head.

2. Berbentuk baji

Dikenal sebagai Wedge Head Siamese, ini adalah versi paling modern dari kucing Siam. Siam kepala baji modern biasanya memiliki tubuh yang sangat berotot, kaki dan ekor yang kurus dan panjang, telinga lebar, dan moncong panjang berbentuk tajam. Hari ini, sub-varietas ini adalah standar untuk pameran kucing.

3. Kombinasi berbentuk apel dan baji

Kucing Siam dengan kombinasi dua bentuk kepala ini disebut Classic atau Classic Old-Style oleh peternak. Mereka biasanya memiliki tubuh yang lebih panjang dan lebih ramping dari kucing Siam tradisional serta memiliki mata sipit yang sama dengan Siam kepala baji.

Itulah tiga keunikan bentuk wajah dari Kucing Siam. Jika ingin memelihara kucing Siam ada beberapa sifat Siam yang perlu kamu ketahui. Dibandingkan ras lainnya, kucing Siam lebih agresif dan dikenal galak dalam menjaga area kekuasaannya.

2 dari 2 halaman

Sifat Kucing Siam

Beberapa sifat kucing Siam antara lain super cerewet, temperamennya dipengaruhi genetika, dan pemilik harus pandai baca bahasa tubuh. Meskipun termasuk kucing agresif dan tempramen, kucing Siam tergolong ramah dan suka bermain dengan anak-anak, ras ini akan membentuk ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Tidak heran jika kucing ini sering menunjukkan rasa cemburu saat ada tamu atau hewan peliharaan yang datang.

Walau sulit untuk mengubah sifatnya, ada beberapa cara untuk membantu mengalihkan energi kucing Siam. Pastikan memiliki waktu bermain yang cukup dengan berbagai mainan yang membuatnya tetap aktif. Jangan biarkan kucingmu merengek meminta perhatian, termasuk di jam makan.

Selain punya jadwal makan yang konsisten, berikan juga Muezza yang dapat menunjang kesehatan, kecerdasan, dan energinya untuk bermain. Dibuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, cat food ini dirancang oleh ahli gizi untuk mendapatkan komposisi nutrisi yang lengkap dan seimbang, meskipun tanpa bahan sintetik. Punya 4 varian lezat, Muezza pun sudah mendapat sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Bukan hanya menjaga kucing lebih sehat, label halal ini bikin cat lover tak perlu ragu memegang cat food, membersihkan wadah makan, hingga membelainya tanpa risih terkena liur kucing. Tunggu apalagi, sediakan selalu Muezza dengan membelinya di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer