Sukses


Dua Jenis Pelatihan Penting untuk Kucing Persia

Bola.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan bukan sekadar rutin memberikan makanan dan membersihkan kandang, melainkan juga perlu untuk melatihnya dan mengajarkan beberapa hal agar demi terciptanya lingkungan yang nyaman dan bersih.

Hampir semua jenis kucing bisa dilatih karena mereka termasuk hewan yang cerdas dan penurut, tak terkecuali kucing persia yang identik berbulu panjang dengan karakter wajah bulat dan moncong pendek. Dikutip dari catownerclub.com, ada dua jenis pelatihan yang bisa kamu terapkan pada kucing persia.

Pertama adalah pelatihan untuk membuang kotoran pada tempatnya dan tidak sembarangan. Kedua adalah melatih perilaku-perilaku yang positif dan berterima kasih. Di luar itu, kamu juga bisa melatih melakukan beberapa trik yang bisa menghibur teman manusia.

1. Pelatihan membuang kotoran 

Pelatihan ini sebenarnya cukup mudah, karena pada dasarnya kucing suka menggali lubang dan kemudian mengubur kotorannya.  Satu-satunya saat kucing cenderung tidak mau mengubur kotorannya adalah ketika fisiknya sedang tidak sehat dan  jika ada lebih dari satu kucing di rumah.

 

Jika ada lebih dari satu kucing, kucing pertama atau tertua cenderung tidak akan mengubur kotorannya, berbeda dengan kucing lain di rumah akan tetap mengubur kotorannya. Hal ini sebagai upaya untuk tidak menyinggung kucing utama.

Di kebanyakan rumah, satu-satunya tempat yang tersedia untuk menggali adalah kotak kotoran. Jika kamu memiliki tanaman, sangat disarankan agar menutupi tanah dengan kerikil atau batu untuk mencegah kucing menggunakan tanaman tersebut sebagai kotak kotoran.

 

2 dari 2 halaman

2. Pelatihan perilaku positif 

Sebaliknya, pelatihan perilaku positif cenderung membutuhkan lebih banyak kesabaran. Menggaruk furniture tampaknya menjadi masalah terbesar yang dihadapi sebagian besar pemilik kucing Persia dengan kucing mereka. Mengunyah tanaman hias adalah masalah paling umum kedua. Di sini bukan hanya tentang pelatihan, melainkan memastikan bahwa kucing merasakan dampak dari tindakannya dan hal tersebut datang dari objek yang ia sentuh bukan dari kamu.

Untuk menyiasati perilaku menggaruk furnitur, pertama berikan alternatif garukan, seperti tiang garukan. Selanjutnya, rawat furniture kamu dengan semprotan khusus yang dirancang untuk mencegah kucing. 

Untuk melindungi tanaman hias dari kucing lagi adalah jauhkan dari jangkauannya, tutupi tanah dengan kerikil atau batu. Menyemprotkan lemon ke tanaman atau meletakkan air lemon di sekitar tanaman juga bisa jadi alternatif. Karena Kucing akan membenci baunya, dan akan menghindari tanaman.

Agar tidak berperilaku menyimpang dengan memakan tanaman, penuhi asupan makananya dia secara rutin dan tepat waktu. Mengingt wajah datar kucing Persia juga dapat mempengaruhi kebiasaan makan, salah satunya pemilihan wadah makan. Hindari menggunakan wadah makan bersisi tinggi yang membuatnya kesulitan mengambil makanan dan jadi mogok makan. 

 

 

Selain itu, kucing Persia juga menikmati rasa yang berbeda dan biasanya enggan mengulangi makanan yang sama terus-menerus. Berikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti ayam, kalkun, maupun ikan. Jika memberikan dry food, sediakan asupan air minum segar untuk mencegah risiko kucing Persia yang rentan terkena penyakit ginjal.

Tak perlu bingung mencari brand cat food berkualitas untuk makanan harian kucing Persiamu. Sediakan saja Muezza yang memiliki 4 varian rasa lezat yaitu Tuna, Mackerel, Ocean Fish dan Salmon. Terbuat dari bahan alami pilihan dan diolah dengan teknologi modern, kualitas nutrisinya seperti protein, asam lemak omega 3, karbohidrat, vitamin, dan mineral pun tetap terjaga.

Sediakan nutrisi terbaik untuk kucing kesayanganmu dengan membeli Muezza, yang bisa langsung dipesan di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer