Sukses


TNI AD Konfirmasi Atlet Voli Putri Indonesia Aprilia Manganang Berjenis Kelamin Laki-laki

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang. Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengonfirmasi Aprilia Manganang berjenis kelamin pria.

Kepastian itu diungkapkan Jenderal TNI Andika Perkasa melalui konferensi pers yang digelar di Jakarta pada Selasa (9/3/2021). Menurut Andika, Aprilia Manganang yang juga berpangkat TNI Sersan Dua (Serda) sejak lahir memang berjenis kelamin pria. Namun, terjadi Aprilia mengalami kejadian medis yang disebut Hipospadia.

"Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

Hipospadia merupakan kelainan medis pada bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki ketika dilahirkan. Andika menyebut, kelainan yang dialami Aprilia baru diketahui saat pihaknya menyuruh yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Subroto.

Mengacu pada hasil medis tersebut, hormos testosteron yang dimiliki Aprilia lebih tinggi. Kemudian dalam organ reproduksinya tak ada bagian tubuh yang semestinya dimiliki perempuan.

"Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi. Bahkan, menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki. Menurut data, pada setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki," jelas Andika.

Aprilia Manganang merupakan mantan pemain Timnas voli putri Indonesia. Semasa kariernya, pemilik nama lengkap Aprilia Santini Manganang pernah memperkuat Alco Bandung, BNI 46, Manokwari Valeria, hingga Jakarta Elektrik PLN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Naik Meja Operasi

Jenderal TNI Andika Perkasa mengonfirmasi telah menawarkan operasi perbaikan kelamin pada Aprilia Manganang. Tawaran itu disambut baik oleh Aprilia yang akan menjalani operasi correction surgery di RSPAD Gatot Subroto.

"Saya konsultasi tawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia. Akhirnya Sersan Manganang rupanya sambil dengan excited. Ini yang ditunggu-tunggu, saya hadirkan tim RSPAD, kemudian lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan kami," tegas Andika.

Aprilia Manganang menjadi prajurit TNI-AD melalui jalur prestasi di bidang olahraga voli sejak 2016. Aprilia Manganang saat berpangkat TNI Sersan Dua (Serda) dan berdinas di Kodam Manado.

Video Populer

Foto Populer