Sukses


Aprilia Manganang Bersyukur Menyusul Temuan Dokter Bahwa Dirinya adalah Laki-Laki

Bola.com, Jakarta - Aprilia Manganang merasa bahagia setelah dokter yang memeriksanya memastikan bahwa mantan atlet voli nasional itu berkelamin laki-laki. Penantian panjang selama 20 tahun lebih akhirnya terwujud sudah.

Kepastian itu diungkapkan Jenderal TNI Andika Perkasa melalui konferensi pers yang digelar di Jakarta pada Selasa (9/3/2021). Menurut Andika, Aprilia Manganang yang juga berpangkat TNI Sersan Dua (Serda) sejak lahir memang berjenis kelamin pria. Namun, terjadi Aprilia mengalami kejadian medis yang disebut Hipospadia.

Dikutip dari laman resmi pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS (CDC), seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/3/2021), hipospadia adalah cacat lahir pada anak laki-laki di mana pembukaan uretra (saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) tidak terletak di ujung penis.

"Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi. Bahkan, menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki. Menurut data, pada setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki," jelas Andika.

Aprilia Manganang merupakan mantan pemain Timnas voli putri Indonesia. Semasa kariernya, pemilik nama lengkap Aprilia Santini Manganang pernah memperkuat Alco Bandung, BNI 46, Manokwari Valeria, hingga Jakarta Elektrik PLN.

2 dari 4 halaman

Bersyukur

Dalam keterangan yang diterima Bola.com, Aprilia Manganang mengaku bersyukur dan bahagia setelah mengetahui jenis kelaminnya. Setelah ini, ia dijadwalkan bakal menjalani operasi.

"Saya berterima kasih kepada dokter yang sudah membantu saya. Saya sangat bahagia, selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya, akhirnya tahun ini bisa tercapai," ujar Aprilia.

Sejak muncul di kancah pervolian Indonesia, Aprilia Manganang sering dikira laki-laki karena memang perawakan tubuhnya yang tidak mirim perempuan. Kini, semua tejawab sudah, dan ia lega bisa memastikan status gendernya.

3 dari 4 halaman

Naik Meja Operasi

Jenderal TNI Andika Perkasa mengonfirmasi telah menawarkan operasi perbaikan kelamin pada Aprilia Manganang. Tawaran itu disambut baik oleh Aprilia yang akan menjalani operasi correction surgery di RSPAD Gatot Subroto.

"Saya konsultasi tawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia. Akhirnya Sersan Manganang rupanya sambil dengan excited. Ini yang ditunggu-tunggu, saya hadirkan tim RSPAD, kemudian lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan kami," tegas Andika.

Aprilia Manganang menjadi prajurit TNI-AD melalui jalur prestasi di bidang olahraga voli sejak 2016. Aprilia Manganang saat ini bertugas di Bandung.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer