Sukses


Bela Aprilia Manganang Setelah Dipastikan Laki-laki, Menpora: Kita Harus Bisa Menerima

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, secara bijak merespons insiden jenis kelamin yang menimpa atlet voli Aprilia Manganang. Menurut Zainudin Amali, kejadian ini sebagai situasi yang tidak sengaja dan tidak ada yang perlu disalahkan.

Aprilia Manganang membuat geger publik Indonesia setelah dinyatakan berjenis kelamin laki-laki. Padahal, sebelumnya Aprilia sepanjang hidupnya sampai menjadi atlet voli diketahui adalah perempuan.

Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dengan mengacu pada pemeriksaan yang telah diikuti Aprilia Manganang di RSPAD, Jakarta. Dari hasil pemeriksaan diketahui, Aprilia berjenis kelamin laki-laki dan Aprilia mengalami kejadian medis yang disebut Hipospadia.

Kejadian itu diketahui sebagai kelainan medis pada bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki ketika dilahirkan. Zainudin Amali berharap kasus yang menimpa Aprilia Manganang bisa menjadi pembelajaran agar tidak terjadi di masa depan.

"Apa yang sudah diumumkan KSAD tentu itu menjadi informasi buat kita semua. Saya kira juga kita harus melihat ini sebagai suatu kejadian tidak sengaja. Tidak ada yang mau mengaku-ngaku," kata Zainudin Amali di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

"Apa yang sudah terjadi sebelum-sebelumnya dia tidak bisa disalahkan. Bahkan masuk Dinas Ketentaraan juga pasti ada pemeriksaannya. Sehingga apapun yang dihasilkannya ketika itu sebagai atlet perempuan, kita harus terima itu," tegas Zainudin Amali.

Aprilia Manganang merupakan mantan pemain Timnas voli putri Indonesia. Semasa kariernya, pemilik nama lengkap Aprilia Santini Manganang pernah memperkuat Alco Bandung, BNI 46, Manokwari Valeria, hingga Jakarta Elektrik PLN.

2 dari 3 halaman

Naik Meja Operasi

Jenderal TNI Andika Perkasa mengonfirmasi telah menawarkan operasi perbaikan kelamin pada Aprilia Manganang. Tawaran itu disambut baik oleh Aprilia yang akan menjalani operasi correction surgery di RSPAD Gatot Subroto.

"Saya konsultasi tawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia. Akhirnya Sersan Manganang rupanya sambil dengan excited. Ini yang ditunggu-tunggu, saya hadirkan tim RSPAD, kemudian lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan kami," tegas Andika.

Aprilia Manganang menjadi prajurit TNI-AD melalui jalur prestasi di bidang olahraga voli sejak 2016. Aprilia Manganang saat ini bertugas di Kodam Manado.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer