Sukses


Bola Beli: Memilih Sepatu Basket, Kenyamanan, Edisi Bintang NBA atau Produk Lokal?

Bola.com, Jakarta - Bagi para penggemar olahraga basket, sepatu merupakan satu perlengkapan yang paling sering disorot. Ukuran dan bentuk yang besar dan memiliki ciri khas leher yang tinggi membuat sepatu basket kerap menyihir penggemar untuk memilikinya. Namun, apa yang perlu dipertimbangkan ketika membeli sepatu basket?

Ukuran yang besar dan bentuk sepatu basket yang besar dibuat bukan tanpa tujuan. Basketball merupakan olahraga yang cukup mengandalkan kekuatan kaki meski tidak dimainkan seperti sepak bola. Setidaknya ketika Anda berlari dan melompat saat menembak bola atau merebutnya di bawah ring, kekuatan kaki adalah yang utama.

Beban yang diterima oleh kaki Anda tidak main-main dengan gerakan-gerakan tersebut. Demi melindungi kaki yang menjadi tumpuan permainan ini, begitu banyak apparel olahraga berlomba mengeluarkan produk dengan berbagai teknologi yang mendukung dalam permainan.

Satu yang paling penting adalah sol sepatu yang keras dan tidak licin. Kekakuan material sol akan memberikan daya tahan terhadap gerakan yang begitu intens saat bermain basket. Sementara material yang tidak licin juga membuat Anda akan lebih mudah melakukan akselerasi ketika bermain, entah ketika berlari, menghindari kawalan, atau melakukan gerak tipu.

Tak hanya itu, posisi Anda bermain di lapangan juga boleh menjadi pertimbangan ketika memilih sepatu basket. Untuk Anda yang bermain sebagai guard dan forward, sepatu yang memiliki bobot ringan akan sangat membantu, mengingat para pemain di posisi itu akan membutuhkan gerakan yang agresif.

Sementara untuk Anda yang bermain sebagai center dan power forward, sol yang bagus sangat penting. Hal ini akan meringankan beban kaki ketika Anda mendarat setelah melakukan rebound.

Bagi Anda yang suka bermain basket, tentu banyak dari Anda yang sudah memiliki sepatu basket kesayangan, atau bahkan apparel kesayangan yang membuat Anda malas beralih ke merek lain. Satu hal yang pasti, setiap merek pasti punya keunggulan masing-masing.

Video

2 dari 3 halaman

Seri Pemain NBA

Boleh dibilang sepatu basket yang digunakan oleh pemain NBA adalah yang paling sering dicari oleh penggemar basket. Pertimbangan tersebut membuat sejumlah apparel raksasa di dunia sampai mengeluarkan edisi khusus bintang NBA, mulai dari Nike, Adidas, hingga Under Armour.

Boleh dibilang Nike cukup banyak digunakan oleh pemain-pemain NBA yang menjadi idola bagi penikmat basket di seluruh dunia. Bahkan Nike tidak ragu untuk mengeluarkan edisi khusus pemain NBA.

Air Jordan yang merupakan seri Michael Jordan, kemudian Kyrie and Bandulu yang merupakan seri Kyrie Irving, Nike Mamba yang merupakan signature legenda LA Lakers, Kobe Bryant, hingga LeBrone Soldier dan LeBron 16 Buzz Lightyear yang merupakan seri LeBron James.

Adidas pun melakukan hal yang sama. Damien Lillard punya signature shoe bernama Adidas Dame. Kemudian ada Adidas Harden yang menjadi signature dari James Harden.

Sementara untuk Under Armour, seri signature Stephen Curry masih menjadi yang paling sering dicari oleh penggemar basket, seperti Curry 7.

3 dari 3 halaman

Produk Lokal Boleh Dicoba

Nama besar tiga apparel raksasa dunia di atas memang begitu erat dengan begitu banyak cabang olahraga, termasuk basket. Namun, sejumlah apparel lokal pun tidak ketinggalan untuk meramaikan cabang olahraga yang satu ini, mengingat penggemar basket di Indonesia pun cukup banyak.

Sejumlah merek yang turut memproduksi sepatu basket di Indonesia adalah Ardiles, League, Spotec, dan Piero. Namun, harus diakui Ardiles dan League adalah dua apparel yang cukup memiliki beberapa varian dalam produk sepatu basket.

Bahkan Ardiles sampai mengeluarkan edisi DBL, atau Developmental Basketball League, yaitu kompetisi liga bola basket pelajar tingkat SMP dan SMA di Indonesia. Harga yang terjangkau dan jalinan kerjasama dengan institusi resmi basket di Indonesia membuat produk keluaran Ardiles ini cukup menjadi favorit di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Seri DBL ini pun diproduksi dengan berbagai varian warna, mulai dari Navy Yellow yang ada di produk Ardiles DBL Pride, merah dengan variasi hitam yang ada di produk Ardiles DBL AD1 dan Ardiles DBL Fundamental.

Sementara itu, League mengeluarkan beberapa varian untuk sepatu basket, antara lain seri Levitate yang terbuat dari kulit sintetis dengan material dynamic cushion EVA yang mampu meredam beban ketika mendarat setelah melompat. League Levitate punya beberapa varian warna, mulai dari black-gold atau pun red-black.

Selain itu juga ada League Fundamental, sepatu yang khusus dibuat untuk mereka yang bermain sebagai playmaker atau pengatur serangan. Materialnya tidak jauh berbeda dengan seri Levitate, hanya saja untuk yang satu ini memang tergolong model high cut.

Tak hanya itu, ada juga seri League Shift dan League Clash. Boleh dibilang, League memang memiliki cukup banyak varian untuk Anda para penggemar basket.

Kemudian, ada Spotec yang juga menawarkan beberapa varian sepatu basket yang cukup nyaman. Dua di antaranya adalah Spotec Exodus dan Spotec Hornets. Harga yang terjangkau dan desain yang trendi menjadi dua hal utama yang dikedepankan oleh merek lokal yang satu ini.

Untuk melihat pilihan-pilihan sepatu basket yang mungkin bisa Anda sukai, silakan klik di link sepatu basket.

Video Populer

Foto Populer