Sukses


Bola Beli: Olah Raga Permainan Bola Besar, Apa Saja Contohnya?

Bola.com, Jakarta - Pemakaian bola besar dan kecil dalam kegiatan olah raga adalah hal yang sangat mudah ditemui. Salah satu kelebihan memakai bola ini adalah unsur adanya permainan yang membuat olah raga menjadi hal yang lebih menarik buat dijalani.

Bola yang dipakai dalam permainan bola dalam kegiatan olah raga dibagi menjadi dua, bola besar dan kecil. Permainan bola besar dimainkan secara berkelompok, di dalam suatu lapangan atau tempat yang dibatasi. Untuk memainkannya, pemain biasanya menggunakan bola besar yang diameternya lebih dari 50 cm.

Sementara permainan bola kecil, sesuai namanya, memakai bola yang kecil. Biasanya permainan ini memakai alat untuk memainkan atau memukul bola yang dimainkan.

Permainan bola besar punya sejumlah manfaat buat kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin. Diantaranya adalah menjaga berat badan, memperkuat stamina, dan bisa melatih kerja sama dengan orang lain.

Apa saja permainan bola besar yang umum dan populer untuk dilakukan?

1. Sepak Bola

Siapa yang tak kenal dengan sepak bola? Olah raga ini bisa dibilang adalah cabang olah raga paling populer di dunia.

Permainan ini menggunakan bola yang punya diameter 21-22,5 cm dan keliling lingkaran 68-71 cm. Belakangan, cabang sepak bola memiliki turunan berupa futsal.

Sepak bola dan futsal adalah olah raga yang sama-sama populer dan mengasyikkan buat dimainkan. Jika tak memainkan, minimal sebagai tontonan olah raga tersebut masih menjadi cabang yang paling populer di dunia.

2. Bola Basket

Permainan bola basket memakai bola yang punya keliling lingkaran 75-78 cm dan memiliki berat 600-650 gram. Permainan ini dilakukan oleh lima orang yang berhadapan satu sama lain dalam tim yang berbeda.

 

Saksikan Video Berikut

2 dari 2 halaman

Cabang Lain

3. Bola Voli

Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim yang diisi oleh enam orang berhadapan yang dipisahkan oleh net dalam sebuah lapangan.

Bola yang dipakai dalam permainan bola voli berukuran keliling 65-67 cm, dengan berat berkisar di 200-280 gram.

4. Rugby

Tak semua permainan yang memakai bola besar memakai bola yang berbentuk bundar atau bulat penuh. Olah raga rugby adalah contoh permainan bola besar yang bentuknya berbeda dengan bola sepak, voli, atau basket.

Rugby memakai bola yang berbentuk oval. Panjang bola rugby antara 28-30 cm. Jika diisi udara penuh, lingkar bola rugby berukuran sekitar 75 inci.

5. Polo Air

Tak hanya di darat, permainan bola besar juga ada yang dilakukan di dalam air. Polo air adalah contohnya.

Bola yang dimainkan dalam cabang polo air harus memiliki berat 14-16 ons dan bertekanan 14 PSI. Buat pemain putri, bola yang dipakai memiliki lingkar 26,5 inci, sedangkan pemain putra memakai bola berlingkar 28 inci.

Demikian diantaranya permainan bola besar yang umum dan bisa ditemui dalam dunia olah raga.

Video Populer

Foto Populer