Sukses


Pertimbangkan 5 Faktor Ini Jika Ingin Meninggalkan Kucing Persia Sendirian di Rumah

Bola.com, Jakarta Memiliki kucing sebagai peliharaan dan teman bermain, terlebih kucing persia merupakan hal yang menyenangkan bagi pecinta binatang. Namun, ada kalanya para pemilik dan keluarga harus pergi meninggalkan rumah entah untuk urusan pekerjaan atau liburan. Sehingga bisa menyebabkan kucing persia harus tinggal sendirian di rumah. 

Lantas muncul pertanyaan, apakah kucing persia bisa ditinggal sendirian di rumah? Berapa lama mereka bisa sendiri di rumah?

Secara umum, kucing Persia bisa dibiarkan sendiri karena kepribadiannya yang santai. Kucing persia adalah salah satu kucing yang tidak terlalu diganggu ketika ditinggalkan sendirian di dalam rumah. Hal lain yang memudahkan kucing Persia untuk dibiarkan sendiri adalah mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Setelah kucing kamu menyadari bahwa tidak ada orang di rumah untuk waktu yang lama, dia tidak akan panik dan cemas akan perpisahan. Bahkan, ia akan mencari cara untuk mengatasi situasi tersebut dan juga mengembangkan perilaku baru untuk menghibur dirinya sendiri. Selain itu, kucing ini tidak memerlukan banyak aktivitas fisik, jadi kamu tidak perlu khawatir mereka tidak akan keluar dan berolahraga cukup.

 

2 dari 4 halaman

Faktor - faktor yang perlu dipertimbangkan

Namun, ada faktor lain yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan kucing persia di rumah sendirian. Faktor-faktor ini digunakan untuk menentukan berapa lama kamu bisa membiarkannya. Dikutip dari purrcraze.com, berikut ini beberapa faktor yang baik untuk diperiksa untuk mengetahui apakah kucing kamu siap dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

1. Usia

Tak masalah jika kucing persia kamu sudah dewasa. Mereka dapat menemukan di mana kamu menaruh makanan dan air mereka. Selain itu, mereka akan terus hidup seolah-olah tidak ada orang di rumah itu yang pergi. 

Paling banyak, mereka dapat dibiarkan tanpa pengawasan selama 24 hingga 48 jam. Jika kamu akan pergi untuk waktu yang lama, kamu harus mempertimbangkan untuk menitipkan atau menyewa pengasuh kucing. Sebaliknya, jika kamu memiliki anak kucing berusia empat bulan, ia hanya bisa dibiarkan sendiri selama empat jam.

Selain itu, jika kamu memiliki anak kucing berusia enam bulan, mereka hanya dapat dibiarkan selama delapan jam. Alasan mengapa kamu tidak dapat meninggalkan anak kucing untuk waktu yang lama adalah karena mereka masih mendambakan kasih sayang secara fisik. Ini banyak berkaitan dengan menjaga tubuh mereka tetap hangat dan merasa aman.

Selain itu, anak kucing masih bisa sangat aktif sehingga ketika mereka bosan dan tidak ada yang bermain dengannya, mereka mungkin akan menggaruk atau menggigit furniture kamu. Mereka mungkin juga bermain-main dengan mangkuk makanannya sehingga makanan akan berserakan di lantai.

2. Kesehatan

Sudah pasti bahwa kamu tidak boleh meninggalkan kucing Persia kamu yang sakit sendirian. Tidak akan ada yang memberinya obat dan juga, kamu tidak memiliki jaminan bahwa dia makan dan istirahat dengan benar.

Selain itu, meninggalkan kucing yang sakit dapat membuatnya merasa seperti ditinggalkan karena penyakitnya. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa kucing persia kamu dalam keadaan sehat sempurna sebelum memutuskan untuk meninggalkannya sendirian untuk jangka waktu yang lama. Jika kamu akan pergi berlibur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu meskipun kamu menyewa pengasuh kucing.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jika kucing suka pilih-pilih makanan. Ada kucing Persia yang cenderung hanya makan makanan yang diberikan oleh pemiliknya. Jika ini masalahnya, kamu sama sekali tidak dapat meninggalkan kucing kamu selama dua hari.

 

3 dari 4 halaman

3. Kebutuhan Kucing Persia

Kamu juga harus menyadari kebutuhan kucing kamu. Tidak sesederhana memberi mereka cukup makanan dan air. kamu harus tahu persis mana yang akan mereka makan sendiri.

Jika kamu belum mencoba menggunakan alat pemberi makan kucing otomatis, membiarkan kucing kamu diberi makan dengan alat ini cukup rumit. Kucing kamu mungkin takut dengan suara bisingnya sehingga ia mungkin tidak mau makan sama sekali. Hal yang sama berlaku untuk tangki air otomatis.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan sengaja melatih mereka untuk makan dan minum dari alat-alat ini jauh sebelum kamu berencana meninggalkannya sendirian. Setelah kamu memperhatikan bahwa mereka bisa secara otomatis makan dan minum dari alat otomatis, dapat dikatakan bahwa kucing kamu akan baik-baik saja saat kamu pergi.

4. Hiburan

Ini bukan masalah bagi kucing Persia karena mereka suka menghabiskan waktu sendirian dengan tidur atau hanya bersantai. Namun, jika kucing kamu cukup aktif, pastikan mainan favoritnya mudah dijangkau. Dengan cara ini, mereka tidak akan bosan dan mulai merusak furniture kamu karena frustasi.

5. Kepribadian Persia kamu

Meskipun ada kepribadian umum yang dimiliki oleh kucing persia, tentunya mereka akan mengembangkan kepribadiannya sendiri-sendiri berdasarkan lingkungannya dan juga tipe pemilik yang dimilikinya. kamu juga harus menilai apakah kucing kamu terlalu bergantung pada kamu dalam hal kebutuhannya.

Pada saat yang sama, kamu juga harus tahu apakah mereka sangat menginginkan kehadiran dan perhatian kamu. Jika kamu memiliki kucing Persia yang lengket dan tidak cukup hanya dia bersantai sendirian, melainkan dia harus bermalas-malasan di dekat kamu, dia mungkin akan merasa sedikit panik ketika kamu tidak pulang untuk waktu yang lama.

Jika kamu meninggalkan kucing yang lengket dalam waktu yang lama, kamu mungkin terkejut bahwa dia sangat agresif terhadap kamu saat kamu tiba di rumah. Oleh karena itu, jika kamu memiliki rencana untuk pergi dalam waktu lama, kamu harus mulai melatih kucing kamu untuk belajar menghibur dirinya sendiri dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, aturan praktisnya adalah kamu dapat meninggalkan kucing dewasa paling lama 48 jam. Namun, kamu tidak bisa hanya mengandalkan kepribadian kucing kamu untuk memastikan bahwa ia akan bahagia saat kamu pergi. kamu juga perlu mempersiapkan banyak hal untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kebutuhan mereka dan juga sumber kenikmatan dan relaksasi mereka. 

 

4 dari 4 halaman

Komitmen Pemilik Kucing

Merawat kucing memerlukan komitmen dari pemiliknya. bukan hanya meluangkan waktu, tapi juga rela mengeluarkan uang untuk membeli berbagai perlengkapan, termasuk kandang kucing lucu dan makanan terbaik. Jangan kompromi soal nutrisi yang terkandung dalam cat food, berikan yang terbaik seperti Muezza. Diformulasikan dengan kadar protein tinggi lengkap dengan asam lemak, vitamin, dan mineral, cat food berkualitas ini pun bebas dari bahan sintetik.

Selain mengandung nutrisi sehat dan seimbang bagi kesehatan kucing kesayanganmu, Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bukan hanya jadi jaminan kucing lebih sehat, pemiliknya pun lebih tenang saat merawat kucing, mulai dari membersihkan wadah makan di tempat cuci piring, leluasa menyimpan cat food, hingga membawanya bepergian. Punya 4 varian rasa yang bakal disukai kucing, dapatkan Muezza tanpa harus keluar rumah dengan memesannya di Shopee atau Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer