Sukses


Hasil Swab PCR Skuad Indonesia di All England Semua Negatif, Hari Minggu Dipastikan Bisa Pulang ke Tanah Air

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia dipastikan akan pulang dari Inggris sesuai jadwal yang ditentukan yaitu pada Minggu (21/3/2021) setelah dipaksa mundur dari All England 2021.

Kepastian ini didapat setelah hasil Swab PCR skuad Indonesia di Birmingham, Inggris, tempat penyelenggaraan All England 2021 dinyatakan semua negatif COVID-19.

"Sebelumnya proses Swab dilakukan oleh dokter PP PBSI, dr. Octaviani. Sedangkan tes kit didapat dari pihak KBRI yang langsung diantarkan oleh Dubes RI di London, pada Jumat (19/3/2021) sore (waktu setempat)," tulis keterangan dari PBSI yang diterima Bola.com, Minggu.

"Dengan hasil ini, kepulangan tim Indonesia dapat sesuai rencana, yaitu pada Minggu (21/3), dengan menggunakan Turkish Airlines TK1972 dari London ke Istanbul."

"Setelah transit selama dua jam, penerbangan dilanjutkan dengan TK56 tujuan Istanbul ke Jakarta, dan tiba di Indonesia, Senin (22/3) pukul 18.00 WIB," lanjut keterangan tersebut.

Tim bulutangkis Indonesia tidak terbang dari Bandara Birmingham, seperti ketika mereka tiba. Pasalnya, bandara tersebut tidak menyediakan penerbangan menuju Tanah Air pada hari Minggu.

Tim bulutangkis Indonesia akan menaiki pesawat melalui Bandara Heathrow, London. Mereka bakal menempuh perjalanan darat dari Birmingham pada Minggu pagi waktu setempat.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Mundur Paksa dari All England 2021

Sebelumnya, tim bulutangkis Indonesia diminta oleh National Health Service (NHS) atau program layanan kesehatan masyarakat di Inggris untuk menjalani isolasi mandiri selama sepuluh hari.

Mereka dianggap melakukan kontak dengan penumpang pesawat yang positif COVID-19 dalam perjalanan ke Inggris untuk mengikuti All England.

Badminton World Federation (BWF) menindaklanjuti perintah dari NHS itu dengan mendepak tim bulutangkis Indonesia dari All England. Pasca kejadian ini, Federasi Bulutangkis Dunia itu juga menelantarkan Anthony Ginting dan kawan-kawan.

Tim bulutangkis Indonesia seharusnya menempuh isolasi individu selama sepuluh hari mulai 13-23 Maret 2021. Namun, berkat bantuan dari KBRI di London, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), masa karantina tersebut tidak perlu dituntaskan.

Video Populer

Foto Populer