Sukses


Dewa Kipas Takluk dari WGM Irene Sukandar, GM Susanto: Level Pak Dadang Hampir Master Nasional

Bola.com, Jakarta - WGM Irene Sukandar mengalahkan Dadang Subur alias Dewa Kipas 3-0 pada pertandingan catur berlabel uji coba yang difasilitasi Deddy Corbuzier, Senin (22/3/2021).  GM Susanto Mergaranto yang bertindak sebagai komentator menyebut Dadang Subur belum setara dengan Irene.

Pertandingan itu disiarkan langsung melalui akun YouTube Deddy Corbuzier. Dadang Subur memilih tidak melanjutkan satu babak tersisa karena tidak mungkin mengejar. 

"Pembukaan bisa mengimbangi, tapi kembali blunder. Levelnya lumayan, tapi tidak cukup untuk mengalahkan Irene. Jika dinilai, mungkin Pak Dadang hampir master nasional," kata GM Susanto. 

Laga catur Dewa Kipas vs WGM Irene Sukandar semula dijadwalkan menggunakan aturan format empat babak dengan waktu berpikir per babak adalah 10 menit. Masing-masing pemain mendapat kesempatan dua kali menggunakan bidak hitam, dengan jeda antarbabak lima menit. 

Seperti diketahui, Dewa Kipas atau Dadang Subur membuat heboh dunia catur internasional. Dia mengalahkan gothamchess dalam duel catur online, tapi dianggap melakukan pelanggaran.

Deddy Corbuzier pun ingin agar keadilan diberikan kepada Dewa Kipas. Dadang Subur akhirnya dipertemukan dengan GM Catur Wanita, Irene Sukandar dalam duel persahabatan.  

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Irene Tampil Gemilang

Pada babak pertama, Irene Sukandar tampil gemilang dengan menggunakan bidak putih. Irene tak membutuhkan waktu lama mengalahkan Dewa Kipas.

Pada babak kedua, pertandingan lebih sengit. Dewa Kipas mampu memberikan perlawanan, namun harus menyerah dalam pertandingan yang menyisakan waktu dua menit.

Sementara itu, pada babak ketiga, pertandingan tak kalah menarik karena sampai terjadinya pertukaran pion. Namun, akhirnya Irene Sukandar berhasil menang setelah mengancam ratu Dewa Kipas di D6 saat memindahkan ratunya ke E5.

"Kalau untuk pertandingannya saya sangat enjoy karena. saya ke sini sebagai undangan dan pecatur profesional. Saya cuma mau bilang kepada netizens semuanya setelah dari sini please, saya mohon tidak ada yang menghujat atau membully Pak Dadang," kata Irene Sukandar.

"Dengan adanya pertandingan kita menjalin persahabatan. Kemudian juga menjalin silaturahmi," tegas Irene.

Kemenangan ini membuat Irene Sukandar berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp300 juta. Adapun Dewa Kipas mendapatkan hadiah uang senilai Rp100 juta.   

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Harley Ikhsan, published 22/3/2021)

Video Populer

Foto Populer