Sukses


Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi dan Puasa, Konsumsi Temulawak dan 4 Tanaman Herbal Ini

Bola.com, Jakarta Menjaga sistem imun tubuh merupakan salah satu kunci utama mencegah tubuh agar tidak terpapar virus corona penyebab COVID-19. Ada banyak cara untuk membuat sistem imunitas tubuh meningkat, salah satunya mengonsumsi tanaman herbal, yaitu temulawak

Ya, masyarakat Indonesia sering memanfaatkan temulawak yang bernama latin Curcuma Xanthorrhiza sebagai obat herbal atau alami, untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan dan mempertahankan daya tahan tubuh. 

Nah untuk mempertahankan daya tahan tubuh, ada baiknya kita mengetahui bahwa ada sejumlah nutrisi yang terkandung dalam tanaman herbal berikut ini:

2 dari 5 halaman

1. Jahe

Tanaman jenis rimpang ini sering ditemui sebagai campuran minuman tradisional. Jahe mengandung senyawa aktif (gingerol) yang dipercaya bisa melawan respiratory syncytial virus corona yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

Selain itu, jahe merah juga mengandung antimikroba yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Jadi, di tengah cuaca yang tak menentu kita nggak gampang sakit.  

3 dari 5 halaman

2. Kencur

Olahan kencur yang mudah ditemui sebagai jamu adalah jamu beras kencur. Tanaman jenis rimpang ini menjadi satu di antara tanaman herbal untuk meningkatkan sistem imun tubuh. 

Selain itu, kencur mampu menjaga kesehatan tubuh dari gangguan kesehatan. Dengan rutin mengonsumsi olahan dari kencur mampu mengatasi gejala terinfeksi virus corona, seperti flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Akan ada efek stimulasi ketika mengonsumsi olahan kencur pada sistem retikuloendotelial yang merupakan jaringan pengikat retikuler. Kencur mampu tingkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Kunyit

Agar puasa tak terganggu karena daya tahan tubuh menurun, ada baiknya kamu mengonsumsi kunyit. Cara kerja kunyit yaitu dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan segala jenis infeksi bakteri atau virus. 

Selain kunyit juga mengandung zat curcumin yang melindungi pencernaan dari infeksi E.coli dan Staphylococcus aureus, penyebab masalah pencernaan. 

5 dari 5 halaman

4. Temulawak

Seperti yang dibahas di awal bahwa temulawak menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama pandemi dan berpuasa. Ada banyak kandungan nutrisi dalam temulawak, seperti protein, lemak, serat, dan curcumin. 

Temulawak juga memiliki beberapa kandungan mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan. Manfaat senyawa curcumin dari ekstrak temulawak bisa didapatkan secara mudah, yaitu dalam produk Herbalice.

Herbalice merupakan minuman ekstrak temulawak dan kunyit alami dengan rasa buah enak dan menyegarkan. Kandungan vitamin C, E, dan B Kompleks dalam Herbalice dapat dikonsumsi siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orangtua. 

Nah dengan membiasakan mengonsumsi temulawak di Herbalice setiap hari, daya tahan tubuh dapat terjaga. Itu karena temulawak memiliki fungsi antiperadangan, antibakteri dan antivirus yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit akibat infeksi.

Video Populer

Foto Populer