Sukses


6 Resep Minuman Temulawak yang Menyehatkan dari Rumah, Pas untuk Berbuka Puasa

Bola.com, Jakarta Mencari minuman sehat untuk sajian berbuka puasa? Kami sarankan Anda untuk menyediakan minuman temulawak dalam daftar sajian untuk berbuka puasa. Temulawak, yang bernama latin curcuma xanthorrhiza ini adalah herba khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat besar bagi kesehatan, termasuk membantu kesehatan pencernaan Anda, bantu tubuh selalu fit dan berenergi saat menjalankan ibadah puasa. 

Cara membuat minuman temulawak secara alami bisa dipraktikkan sendiri di rumah dan dipadukan dengan bahan minuman lainnya.  

1. Susu Temulawak 

- Bahan: 

Susu cair, temulawak, kapulaga, jahe, cengkeh, lada hitam, dan madu. Pastikan untuk kupas dan bersihkan temulawak, kapulaga dan jahenya

- Cara membuat: 

Siapkan panci dan hangatkan susu dengan api kecil. Jangan terlalu panas agar tidak merusak tekstur susu. Tambahkan bahan-bahan lain yang sudah disiapkan. Aduk perlahan hingga tercampur rata. Rebus menggunakan api kecil 3-4 menit. Setelah itu, saring ke dalam gelas dan sajikan selagi hangat.

2. Teh Temulawak 

- Bahan:

Kupas dan bersihkan temulawak. Kayu manis, madu, dan air secukupnya

- Cara membuat:

Didihkan air, lalu masukkan temulawak. Aduk hingga larut dan kecilkan api. Selang beberapa menit, matikan api dan tambahkan bubuk kayu manis, aduk kembali. Saring teh temulawak ke dalam gelas dan tambahkan madu sebagai pemanis. Aduk rata dan sajikan selagi hangat.

2 dari 3 halaman

3. Wedang Lemon Temulawak

- Bahan:

Lemon, temulawak, jahe, lada hitam, madu dan air secukupnya.

- Cara membuat: 

Siapkan panci dan masukkan seluruh bahan yang sudah disiapkan. Rebus menggunakan api sedang kurang lebih tiga menit hingga panas namun pastikan tidak terlalu mendidih.

Setelah itu matikan api dan saring ke dalam gelas. Apabila dirasa terlalu pekat, tambahkan air panas.

4. Wedang Temulawak Sereh Bidara

- Bahan: 

Kupas dan bersihkan temulawak. Lembar daun bidara, batang sereh, jahe, dan air secukupnya.

- Cara membuat: 

Memarkan temulawak dan sereh. Lalu, rebus temulawak, sereh, daun bidara hingga mendidih. Tambahkan jahe dan aduk rata. Tuang ke dalam gelas dan sajikan selagi hangat.

5. Temulawak Kunyit Asam

- Bahan:

Kupas dan bersihkan temulawak dan kunyit. Asam jawa, hula merah dan air secukupnya.

- Cara membuat: 

Haluskan temulawak dan kunyit dengan 200 ml air. Masukkan seluruh bahan ke dalam panci. Tambahkan sisa air sebanyak 300 ml kemudian didihkan hingga gula larut. Angkat dan dinginkan. Saring air rebusan ke dalam gelas. Sajikan hangat atau bisa disajikan dalam keadaan dingin.

Selain cara itu, ada yang lebih praktis dan tetap mendapatkan manfaat sehat dari temulawak yakni dengan menyeduh Herbalice Ekstrak Temulawak.

 

3 dari 3 halaman

6. Herbalice Temulawak

Masyarakat Indonesia sekarang tidak perlu susah lagi mengkonsumsi kunyit dan temulawak. Manfaat manfaat keduanya bisa didapatkan dari produk Herbalice. Menariknya lagi Herbalice ekstrak temulawak ini hadir dalam dua rasa berbeda yakni original dan rasa anggur. 

Herbalice adalah minuman Temulawak dan Kunyit alami dengan rasa buah yang enak dan menyegarkan, mengandung Vitamin C, Vitamin E dan Vitamin B kompleks serta tidak mengandung soda, tidak mengandung pengawet. Bersertifikat Halal dari LPPOM MUI, dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua, bisa dikonsumsi kapan saja, dimana saja dan tidak ada batasan konsumsi karena terbuat dari bahan alami. Saat diseduh akan ada endapan temulawak asli di dasar.

Membiasakan konsumsi temulawak tiap hari sangat baik bagi kesehatan, sistem daya tahan tubuh terutama di masa pandemi dan menjalankan ibadah puasa ramadan.

Kejamnya Atlet Tinju Puerto Rico, Felix Verdejo

Video Populer

Foto Populer