Sukses


Hati-Hati, Jenis Kucing Ini Paling Rawan 'Terbakar' Sinar Matahari

Bola.com, Jakarta Bagi para pemiliki kucing tentu sudah tidak asing dengan perilaku kucing yang berbaring dekat jendela atau di bawah sinar matahari. Mengambil posisi tidur dan melupakan mainan maupun makanannya. Mereka begitu terlihat puas dan nyaman sembari menikmati udara terbuka dan sinar matahari.

Tapi, tahukah kamu bahwa kucing yang tidur terlalu lama di bawah sinar matahari tubuhnya bisa 'terbakar' dan mengalami masalah kulit? 

Dikutip dari popsugar.com, dokter hewan ahli di Airvet, Anthony Hall, DVM, MPH mengatakan bahwa tubuh kucing bisa 'terbakar' oleh sinar matahari seperti halnya tubuh manusia yang merasakan panas dan seperti terbakar.

"Terlepas dari apakah kucing Anda menghabiskan waktunya di dalam atau di luar ruangan, ia memang bisa terkena sengatan matahari dengan cara yang sama seperti manusia," kata Dr. Hall.

Dia mengatakan bahwa semua jenis kucing berpotensi mengalami efek buruk dari matahari, namun kucing berbulu putih dan kucing tidak berbulu, seperti yang termasuk dalam ras Sphynx, cenderung memiliki risiko tertinggi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kucing yang suka menghabiskan waktu berjam-jam dan berjemur di bawah sinar matahari, Anda harus selalu waspada terhadap tanda-tanda gangguan akibat efek negatif dari sinar UV.

Dr. Hall menyebutkan bahwa tanda bahaya dapat mencakup pigmen kulit yang semakin gelap dan luka bakar di sekitar hidung dan bibir kucing. Sama seperti manusia, kucing juga berpotensi mengembangkan kanker kulit seiring waktu akibat kerusakan akibat sinar matahari.

2 dari 3 halaman

Cara melindungi kucing

Ada beberapa cara sederhana untuk membantu mencegah kucing Anda terbakar sinar matahari. Dr. Hall menyarankan bahwa mencoba untuk menjaga kucing Anda di tempat teduh saat hari cerah. Mengoleskan tabir surya khusus kucing bisa jadi pilihan, namun  Dr. Hall  memperingatkan agar hati-hati dengan perilaku kucing yang suka menjilat bagian tubuhnya.

"Seperti yang dapat Anda bayangkan, sebagian besar tidak ramah kucing karena kucing cenderung menjilat produk dari hidungnya," Dr. Hall memperingatkan.

Brian Bourquin, DVM, pendiri dan kepala petugas medis di Klinik Hewan Boston, juga memiliki beberapa saran yang dapat membantu pemilik dalam membantu hewan peliharaan mereka menghindari kerusakan akibat sinar matahari. Misalnya, jika kucing Anda adalah kucing luar ruangan, pastikan untuk menyiapkan ruang dengan payung agar mereka dapat mengakses naungan dengan cepat.

"Jika Anda memiliki kucing dalam ruangan yang suka duduk di dekat jendela, yang mungkin tidak terlindung dari sinar UV, tutuplah tirai Anda selama jam-jam terik matahari," tambahnya. Dia menjelaskan bahwa hal ini dapat memotivasi kucing Anda untuk menemukan tempat bebas sinar matahari lain untuk berbaring di sekitar rumah.

 

3 dari 3 halaman

Makanan untuk Kucing Kesayangan

Saat memilih jenis makanan kucing Anda perlu mengerti dan memahami nutrisi apa saja yang dibutuhkan dan baik untuk perawatan kucing. Nutrisi pertama yang sangat dibutuhkan kucing untuk kesehatan dan perawatannya adalah kandungan Asam Lemak Omega 6 & Omega 3. Dua kandungan ini sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan bulu kucing.

Dalam hal ini kandungan Omega 6 & Omega 3 bekerja membantu mencegah kucing dari gangguan peradangan kulit. Pasalnya, peradangan pada kulit yang sering terjadi pada kucing akan berpengaruh langsung terdapat kesehatan bulunya. Diantara berbagai merek makanan kucing, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Muezza.

Muezza merupakan makanan kucing halal sehingga bisa membuat pemilik merasa lebih tenang dan nyaman. Dibuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, brand makanan kucing kering ini bebas dari bahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatan anabul. Mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, cat food ini juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Selain itu, Muezza memiliki kandungan nutrisi seimbang, bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, dibuat dari bahan alami, dan Muezza punya 4 varian rasa yang jadi favorit kucing seperti Tuna, Mackerel, Ocean Fish, dan Salmon. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi Instagram @muezza.feed atau langsung melakukan pemesanan Muezza Cat Food di Shopee dan Muezza Feed di Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer