Sukses


Masih Banyak yang Binggung, Berikut Cara Merawat Kucing Persia yang Benar

Bola.com, Jakarta Kucing berjenis persia kerap menjadi idola para pecinta kucing. Pasalnya, kucing dengan hidung yang pesek dan bulu yang lebat membuat daya tarik tersendiri bagi pecinta kucing. Bagi kamu yang ingin memelihara kucing persia untuk pertama kali, perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut penjelasannya

Cara berikan makan

Beragam makanan kucing kini sudah ada di pasaran. Nah, tugas kamu pilihlah makanan kucing yang cocok untuk kucing kamu. Tentu makanan yang memiliki nutrisi dan kaya akan vitamin untuk si kucing.

 

Agar kucing selalu sehat diperlukan makanan kucing yang memiliki kandungan kaya nutrisi. Seperti Muezza. Dengan varian rasa dan halal, Muezza siap menjaga kesehatan kucing. Tenang, kamu bisa kok pesan melalui Tokopedia dan Shopee. Jadi tak perlu pergi ke luar rumah untuk membeli makanan kucing.

Setelah membeli makanan kucing, kamu juga perlu mencermati mangkuk untuk si kucing makan. Kamu bisa pilih mangkuk yang rendah. Kucing Persia yang memiliki wajah yang datar dan hidung yang pendek akan lebih menyukai mangkuk yang datar dengan pinggiran yang sangat rendah, atau tanpa pinggiran sama sekali. Selain itu, hindari pemakaian bahan plastik untuk mangkuk makan kucing Persia, karena dapat menjadi tempat tumbuh bakteri.

Rawat bulu kucing

Biasakan untuk menyikat bulu kucing Persia sejak usia dini. Dengan begitu, kucing Persia akan lebih dapat menyesuaikan diri dan terbiasa dengan aktivitas ini.

Jika tidak dilakukan sejak dini, dikhawatirkan kucing Persia tidak menyukai saat kamu menyikat bulunya, karena tidak terbiasa dengan hal ini. Akibatnya, kamu akan mengalami kesulitan dalam merawat bulunnya.

Jaga kebersihan hidung kucing

Selain memperhatikan makanan kucing, kandang perlu dijaga kebersihannya. Pasalnya, jika tidak dibersihkan hidung kucing Persia akan mudah tersumbat karena kotoran. Hal ini dapat menyebabkan kucing sulit bernafas, dan dapat memicu infeksi saluran pernafasan.

Vaksinasi secara teratur

Dengan bentuk hidung yang lebih pendek, kucing Persia lebih rentan terhadap infeksi saluran pernafasan jika dibandingkan kucing jenis lain. Untuk menjaga kucing Persia dari infeksi saluran pernafasan, lakukan vaksinasi atau imunisasi di dokter hewan secara teratur. Vaksinasi ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kucing Persia terhadap flu kucing.

Memandikan kucing persia

Selain menjaga kebersihan kandang, langkah selanjutnya ialah memandikan kucing. Kamu diwajibkan memandikan kucing ketika terlihat kotor saja, terutama bagi kucing persian yang memiliki warna dasar putih.

Untuk memandikannya kamu bisa lakukan sendiri dengan sabun khusus kucing. Selain itu, kamu juga menggunakan jasa pet shop yang biasanya bisa memandikan sekaligus perawatan yang lengkap.

 

(*)

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer