MOTION GRAFIS: 10 Kartini Indonesia yang Berprestasi di Ajang Olimpiade

MOTION GRAFIS: 10 Kartini Indonesia yang Berprestasi di Ajang Olimpiade

Julukan Ratu Bulutangkis Indonesia masih melekat pada sosok Susy Susanti. Susy menjadi salah satu Kartini di sektor tunggal putri tim bulutangkis Indonesia. Tidak hanya berprestasi di Asia, namun ia juga berprestasi di ajang olahdara dunia, Olimpiade.

Seperti apa lika-liku perjalanan hidupnya? Yang jelas, semua cerita kesuksesan Susy berawal di Tasikmalaya, sebuah kota kecil di Jawa Barat.

Nama Susy Susanti mulai dikenal setelah berhasil lolos ke final SEA Games 1987 yang menjadi ajang pertamanya di level internasional. Namun, Susy hanya meraih medali perak setelah takluk dua set langsung dari pebulutangkis Indonesia, Elizabeth Latief.

Sejak saat itu, pamor Susy makin melejit karena menorehkan berderet prestasi di berbagai turnamen bergengsi dunia. Susy tercatat meraih mengoleksi 32 gelar di turnamen terbuka, tiga gelar di SEA Games, dan lima gelar di Kejuaraan Bulutangkis Dunia. Akan tetapi, medali emas Olimpiade Barcelona 1992 merupakan pencapaian yang dianggap paling berarti oleh Susy.

Kesuksesan di arena bulutangkis tak dicapai Susy dengan mudah. Dia mengaku perjalanan kariernya penuh dengan kerja keras, dimulai sejak masih bocah.

Saat masih belia, tepatnya berusia enam tahun, Susy yang tinggal di Tasikmalaya sering diajak untuk menonton orangtuanya bermain bulutangkis. Lambat laun, kecintaannya terhadap bulutangkis pun tumbuh.

Selain sosok Susi Susanti berikut sosok Kartini Indonesia yang berprestasi di Olimpade.

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria, Dody Iryawan pada 21 April 2021, 15:25 WIB

Video Terkait

Spotlights