Sukses


Rasa Takut dan Pemalu Jadi Penyebab Kucing Tidak Mau Digendong

Bola.com, Jakarta Sebagai hewan peliharaan favorit, kucing tidak luput dari rasa takut dan pemalu lho. Bukan saja kepada sesama hewan, termasuk juga manusia. Bahkan kepada pemilik kucing yang sudah ia kenal pun rasa takut dan pemalu itu masih bisa menempel.

Karena perasaan takut dan pemalu inilah menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau digendong atau didekati manusia. Wajar memang, bayangkan bila kamu sekecil kucing dan tiba-tiba ada tangan yang menjemput tanpa ada peringatan.

Bayangkan juga bagaimana perasaan kamu saat lagi asik di lantai, tiba-tiba ada tangan raksasa yang meraihmu? Maka takut adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Pengalaman Kucing Pengaruhi Rasa Takut

Selain berbagai bayangan di atas, beberapa kucing memang bisa benci sekali digendong karena seluruh pengalaman yang mereka dapatkan terasa menakutkan. Misalnya saja kucing yang mudah terkejut dengan suara keras dan gerakan tiba-tiba. Sehingga mereka harus lari dan bersembunyi, ini sebagai bentuk pertahanan bila merasa terancam.

Pada beberapa jenis kucing pada dasarnya juga pemalu dan mudah ketakutan. Bila menemukan yang seperti itu, Anda tidak bisa memaksakan untuk mengubah kepribadian, dan perlu kesabaran untuk bisa akrab dengannya.

 

3 dari 4 halaman

Kunci Utama adalah Kesabaran

Jika kucing kamu terlihat sangat takut saat diangkat atau digendong, sebaiknya kamu segera membiarkan kucing tetap di lantai atau tempat semula. Biarkan mereka mendekati kamu sesuai keinginannya untuk menghindari cakaran atau permusuhan dengan kucing.

Membangun kepercayaan diri pada kucing pemalu dan penakut tidak bisa dilakukan secara singkat. Oleh karena itu kesabaran adalah kunci utama. Kamu mungkin akan frustasi karena dia tak kunjung bisa beradaptasi, tapi ingatlah setiap kucing itu unik dan punya kepribadian sendiri-sendiri.

Untuk membantu kucing menekan rasa takut dan pemalu, sering-sering mengajak kucing berbicara, dia akan terbiasa dengan kehadiran dan suara kita. Gunakanlah nada an volume yang lembut sehingga tidak membuatnya ketakutan. Kamu juga bisa sekedar bersenandung lirih sambil duduk didekatnya, dengan begitu dia dapat terbantu membiasakan dirinya.

 

 

4 dari 4 halaman

Motivasi kucing dengan makanan

Semua makhluk hidup butuh makan, termasuk kucing yang penakut sekalipun. Tawarkan makanan di dekatnya, pastikan kamu menjaga jarak kamu dan amati apakah ia mau memakannya. Jika ia tertarik mengendus dan memakan, lanjut ke tahap kedua dengan menaruh jarak makan perlahan mendekatimu. Lakukan secara berulang sampai ia bisa nyaman.

Memilih makanan kering cocok digunakan sebagai treat saat melatih kucing. Dalam hal ini, kamu bisa memilih makanan kucing Muezza. Tak perlu ragu memegang makanannya dan memberikannya langsung kepada kucing, karena Muezza yang sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Dengan label halal ini juga menghilangkan kecemasan kamu saat mencuci tempat makan kucing di tempat cuci piring, membawa makanan kering bepergian, hingga mencari lokasi penyimpanannya.

Muezza tersedia dalam 4 varian rasa yang lezat dan bakal disukai oleh kucing dan juga menyediakan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Berasal dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatan kucingkesayanganmu, segera beli brand makanan kucing kering ini di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer