Sukses


Diperkuat 4 Pemain, Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia Ikuti Kualifikasi Olimpiade Tokyo di Austria

Bola.com, Jakarta - Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia telah memilih empat nama pemain yang akan ikut serta pada Kualifikasi Olimpiade Tokyo di Graz, Austria, 26-30 Mei nanti.

Tercatat dari enam pebasket yang ikut Pelatnas, Pelatih Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia July Wong memilih empat nama. Keempatnya adalah Dewa Ayu Made Sriartha, Dyah Lestari, Nathania Claresta Oriville, dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol.

Alhasil Henny Sutjiono dan Gabriel Sophia harus menerima kenyataan untuk tetap di Indonesia. Penggawa Surabaya Fever ini sejak Rabu (19/5/2021) sudah tidak lagi gabung latihan di GOR Cahaya Lestari Surabaya.

"Selamat bagi pemain yang terpilih. Akan banyak momen dan pelajaran yang bisa diambil selama di Austria. Bawa bangga Indonesia di kualifikasi nanti," jelas Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi.

"Sementara bagi yang belum terpilih, tetap semangat dan jangan lelah menempa diri karena kesempatan akan selalu," lanjutnya.

Sejatinya Henny Sutjiono dan Gabriel Sophia masuk daftar cadangan. Namun dikatakan Manajer Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia Christopher Tanuwidjaja, dua pemain yang berstatus cadangan tidak ikut serta terbang ke Austria.

"Aturan dari FIBA untuk membatasi jumlah orang dalam Bubble, kedua pemain ini tidak ikut ke Austria, kecuali memang terjadi keperluan penggantian pemain," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Berangkat 24 Mei

Rencananya Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia akan bertolak ke Austria pada 24 Mei. Setelah transit di Istanbul Turki, dijadwalkan tiba di Vienna sehari kemudian. Saat terbang ke Austria nanti, para pemain terpilih akan didampingi Pelatih July dan Sherly Humardhani selaku team delegate.

"Persiapan kami sudah 100 persen. Kini kita tinggal mengulang kembali saja dan memaintenance mereka hingga waktu berangkat," ujar Coach July.

Selama pemantapan tim, Pelatih July menjelaskan bahwa para Srikandi ini melakukan sparring partner melawan Tim CLS yang berjuang di IBL Pertamax Indonesia. Uji coba dilakukan hampir setiap sore selama latihan sejak 4 April lalu.

"Sisa waktu sebelum bertolak ke Austria kami maksimalkan untuk terus ingatkan ke pemain. Pemain masih suka buru-buru. Bagusnya, sudah tahu timing kapan harus shoot dan drive setiap pemain," jelas July.

Pada Kualifikasi Olimpiade Tokyo nanti, Timnas Basket Putri 3x3 berada di pool A. Di sana, Srikandi Merah Putih akan bersaing dengan Prancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Uruguay.

Video Populer

Foto Populer