Sukses


Wamenkes Prediksi Kasus COVID-19 Naik hingga Pertengahan Juni 2021

Bola.com, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono, mengatakan kenaikan kasus COVID-19 mulai terjadi setelah Lebaran 2021. Selama empat hari terakhir, kenaikan kasus baru COVID-19 berada di atas 5.000 kasus.

"Ini menunjukkan mobilisasi yang terjadi pasca-Lebaran dan Ramadan sudah mulai terlihat minggu ini. Jadi, kalkulasi prediksi yang kita lakukan mungkin akan mencapai peningkatannya sampai pertengahan Juni mendatang," kata Dante dalam konferensi pers seusai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (24/5/2021).

Namun, kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia juga bisa terjadi karena adanya mutasi baru virus corona yang masuk ke Indonesia. Adapun mutasi baru virus corona yang masuk ke Indonesia antara lain, varian B.1617 dari India, B.117 dari Inggris, dan B.1351 dari Afrika Selatan.

Saat ini, pemerintah telah menemukan 54 kasus COVID-19 dari ketiga mutasi virus tersebut. Dari jumlah itu, sebanyak 35 kasus merupakan imigran dari luar Indonesia.

"19 kasus berasal dari variasi yang berasal dari Indonesia. Jadi sudah ada kontak internal, sudah ada penyebaran sejarah internal dari varian of concern tersebut," jelasnya.

Dengan peningkatan kasus positif COVID-19 tersebut, Dante mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Video Populer

Foto Populer