Sukses


Pernah Tampil di Nomor Lari 100 Meter Putri, Siswi SMAN 2 Madiun Pecahkan Rekor Nasional Lompat Jauh SAC Indonesia

Bola.com, Surabaya - Satu lagi pemecahan rekor terjadi di pergelaran SAC Indonesia 2023. Kali ini di hari pembuka kualifikasi Jawa Timur yang berlangsung di Lapangan Atletik THOR, Surabaya, Jumat (8/12/2023).

Siswi SMAN 2 Madiun, Aufar Fadilah Dwi Caksono, sukses memecahkan rekor nasional SAC Indonesia. Turun di nomor lompat jauh, siswi kelas 12 ini mencatatkan lompatan sejauh 4,95 meter.

Aufar Fadilah pun naik podium juara sekaligus mematahkan rekor lompatan terjauh yang dicatatkan Winney Maharaati Ruung dari SMAN 1 Tanjung, Kalimantan Selatan, pemilik rekor sebelumnya dengan catatan 4,83 meter.

Ini bukan kali pertama bagi Aufar Fadilah berlomba di SAC Indonesia. Pada musim lalu, ia juga berhasil berangkat ke fase National Championship setelah turun di nomor lari 100 meter.

"Dari pengalaman bersaing di National Championship, saya mengukur diri. Agak sulit bersaing karena catatan waktu tercepat saya mentok di 13 detik. Sejak tujuh bulan terakhir pun saya menekuni nomor lompat jauh," kisahnya.

"Alhamdulillah ini saya juga tidak menyangka, karena saya baru di nomor ini. Buat pembuktian terhadap orang-orang yang sempat meremehkan saya," lanjutnya.

 

 
2 dari 2 halaman

Antusiasme Jawa Timur Luar Biasa

Antusiasme peserta SAC Indonesia 2023 di kualifikasi Jawa Timur juga luar biasa. Total ada 5.277 pelajar dari 610 sekolah, baik tingkat SD hingga SMA se-Jawa Timur.

Ini juga merupakan rekor partisipasi teranyak dari keseluruhan wilayah SAC Indonesia pada musim 2023. Dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur, hanya dua yang absen mengirimkan delegasinya.

"Total 610 sekolah mengirimkan delegasinya. Nyaris semua kota/kabupaten se-Jawa Timur ini ada perwakilannya. Luar Biasa," ujar CEO dan Founder DBL Indonesia, Azrul Ananda.

"Sebagai orang Jawa Timur, saya merasa bangga. TErima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, mulai dari PB PASI dan Pengprov PASI Jatim, Pemerintah Provinsi Jatim, dan Pemerintah Kota Surabaya yang sudah mengizinkan kami memakai fasilitas yang luar biasa ini," ujar Azrul, Jumat (8/11/2023) sore.

Kualifikasi Jawa Timur SAC Indonesia 2023 menjadi rangkaian penutup dari enam regional kualifikasi musim ini. Lima wilayah lain yang sudah menggelar fase kualifikasi adalah Sumatra, Jawa Barat, Bali dan Nusa Tenggara, Jakarta-Banten, dan Jawa Tengah.

Tiga terbaik dari lima nomor yang diperlombakan tingkat pelajar SMA dan sederajat di fase kualifikasi masing-masing daerah, akan bertemu di National Championship yang kali ini akan digelar di Solo pada Januari 2024.

 

Video Populer

Foto Populer