Sukses


Bahaya Dehidrasi dan Sengatan Matahari, Bikin Hidung Kucing Jadi Kering Bermasalah

Bola.com, Jakarta Sudah menjadi kepercayaan umum kalau kucing yang sehat memiliki hidung yang dingin dan basah. Karena hal itu banyak orang yang percaya saat hidung kucing hangat atau kering adalah pertanda adanya masalah. Apakah benar ada yang salah bila hidung kucing kering dan hangat?

Jawaban singkatnya adalah tidak selalu benar. Sebab tidak mungkin menggunakan hidup kucing untuk menentukan kesehatannya secara keseluruhan. Bisa jadi normal jika hidung kucing basah atau kering dan hangat atau dingin. Hidung basah kucing umumnya disebabkan oleh instingnya yang kerap menjilati hidungnya. Hidung yang basah mampu meningkatkan indera penciuman kucing dan membantunya menentukan arah dari mana aroma itu datang.

Sementara itu, hidung kucing bisa terasa kering dan hangat bila ia ternyata baru bangun dari tidur dan belum sempat menjilati hidungnya. Selain itu, hidung kucing bisa terasa hangat bila kucing berbaring di bawah sinar matahari, dekat sumber panas atau bahkan dekat ventilasi udara.

Ada kondisi tertentu yang dapat memengaruhi hidung kucing menjadi kering dan hangat. Bila penyebabnya adalah beberapa hal di bawah ini, maka kamu perlu memberikan perhatian dan penanganan lebih lanjut.

Dehidrasi

Kucing yang mengalami dehidrasi akan sering mengalami hidung kering. Namun, dehidrasi biasanya disertai dengan tanda-tanda penyakit lain, seperti lesu dan kehilangan nafsu makan. Meskipun tidak ada tanda penyakit, kamu juga tidak bisa abai soal dehidrasi ini. Jika hidung kucing kamu kering terus-menerus selama satu atau dua hari dan terlihat aktivitas makan dan minum lebih sedikit dari biasanya, makan hubungi dokter hewan untuk meminta nasihat.

2 dari 3 halaman

Terbakar Sinar Matahari

Sama seperti manusia, kulit kucing juga bisa terbakar sinar matahari. Banyak kucing menikmati bersantai di bawah sinar matahari, tapi paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat menyebabkan kulit terbakar, kemerahan, kekeringan, atau pengelupasan hidung. Seiring waktu, kerusakan akibat sinar UV dapat menyebabkan perubahan pigmen dan bahkan kanker kulit. Hubungi dokter hewan kamu jika menurut hidup kucing kamu menunjukkan tanda-tanda terbakar sinar matahari.

Masalah kulit

Sejumlah kondisi kulit dapat memengaruhi hidung kucing. Pemphigus foliaceus adalah penyakit autoimun yang jarang terjadi namun bisa menyebabkan masalah serius. Pada pemphigus foliaceus, sistem kekebalan merusak sel-sel kulit yang disebut keratinosit. Penyakit ini menyebabkan lecet, luka, dan bintik-bintik kerak pada kulit.

Kondisi kulit yang kurang sehat dapat mempengaruhi hidung termasuk infeksi jamur atau bakteri dan dermatitis alergi. Bila menemukan sesuatu yang abnormal pada hidung kucing kamu segera jadwalkan konsultasi ke dokter hewan.

3 dari 3 halaman

Perawatan Dokter dan Makanan Sehat

Jika memutuskan untuk memelihara kucing, kamu wajib siapkan cukup dana untuk rutin membawanya ke dokter hewan. Pasalnya, kucing setidaknya membutuhkan pemeriksaan dokter 2 kali dalam setahun.

Selain rutin memeriksakan ke dokter dan melakukan grooming di rumah, kamu perlu memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi lengkap. Selain itu, memilih makanan kering juga cocok digunakan sebagai treat saat melatih kucing.

Dalam hal ini, kamu bisa memilih makanan kucing Muezza. Tak perlu ragu memegang makanannya dan memberikannya langsung kepada kucing, karena Muezza yang sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Dengan label halal ini juga menghilangkan kecemasan kamu saat mencuci tempat makan kucing di tempat cuci piring, membawa makanan kering bepergian, hingga mencari lokasi penyimpanannya.

Muezza tersedia dalam 4 varian rasa yang lezat dan bakal disukai oleh kucing dan juga menyediakan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Berasal dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatan kucing kesayanganmu, segera beli brand makanan kucing kering ini di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer