Sukses


Trauma dan Infeksi Pernafasan Bisa Jadi Penyebab Hidup Kucing Bermasalah

Bola.com, Jakarta Saat berinteraksi dengan kucing kesayangan, kamu pasti lebih terbiasa melihat hidung kucing terasa dingin dan basah. Hal ini normal karena kucing kerap menjilat hidung sebagai cara untuk meningkatkan indera penciuman dan juga instring hewannya. Bila kamu menemukan kucing dengan hidung hangat atau kering, namun dia terlihat sehat dan baik-baik, maka tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Hidung hangat dan kering kucing bisa bisa dikatakan bermasalah dan tidak normal antara lain jika kemudian terjadi pengelupasan, pengerasan kulit, pembengkakan, kemerahan, keluarnya cairan, hingga pendarahan. Bila sudah seperti itu, maka kamu perlu cari tahu apa yang menyebabkan hidung kucing sampai seperti itu.

Selain dehidrasi dan sengatan matahari, dikutip dari thesprucepets, ada penyebab lain yang membuat hidung kucing terlihat bermasalah.

Trauma

Kucing dapat dengan mudah terluka saat menjelajahi lingkungan mereka. Kucing di luar ruangan lebih berisiko tertabrak mobil, diserang hewan lain, atau terluka saat jatuh. Mereka juga rawan terkena racun, cuaca buruk, dan medan kasar, yang semuanya dapat menyebabkan cedera.

Baik kucing rumahan maupun liar juga dapat mengalami gigitan serangga, luka bakar atau insiden yang tidak menyenangkan. Kamu mungkin saja melihat kemerahan, benjolan, pembengkakan, pendarahan, atau keluarnya cairan dari hidung secara tiba-tiba. Pastikan untuk menghubungi dokter hewan ada hal seperti itu.

2 dari 3 halaman

Penyakit Pernafasan

Infeksi saluran pernapasan atas (URI) cukup umum terjadi pada kucing. URI dan masalah pernapasan lainnya dapat menyebabkan kekeringan dan kerak pada hidung. Namun, lebih umum untuk melihat keluarnya cairan dari hidung, pembengkakan, hidung tersumbat, dan bersin. Kondisi pernapasan juga dapat menyebabkan kucing kehilangan nafsu makan dan menjadi lesu.

Ada banyak jenis penyakit pernapasan yang dapat menyerang kucing. Beberapa ringan dan hilang dengan sendirinya, tetapi yang lain memerlukan perhatian dokter hewan. Beberapa penyakit pernapasan bahkan menular ke kucing lain. Hubungi dokter hewan jika kucing mengalami gejala penyakit pernapasan.

Kanker pada kucing

Penyebab lainnya adalah penyakit kanker. Kucing bisa menderita kanker dan beberapa di antaranya bahkan dapat memengaruhi kulit hidung kucing, termasuk limfoma, sarkoma, dan karsinoma. Penting untuk segera menemui dokter hewan jika ada masalah hidung yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan pada kucing Anda.

3 dari 3 halaman

Makanan Kucing

Mengaku sebagai pecinta kucing, tentunya wajib memberikan yang terbaik bagi hewan peliharaannya termasuk makanan. Kalau masih ragu memilih makanan terbaik bagi kucing kesayanganmu, jatuhkan pilihan pada Muezza.

Selain nutrisinya lengkap, Muezza juga dilengkapi Ekstrak Yucca Schidigera yang menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan. Kucing jadi lebih sehat, kotoran pun lebih mudah bergumpal dan efektif mengurangi baunya.

Soal kehalalannya tak perlu diragukan lagi. Hanya menggunakan bahan alami terpilih yang diproses dengan teknologi modern, Muezza sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi bebas cemas saat ingin memegang cat food, meletakkannya bersama bahan makanan lainnya di dalam rumah, membersihkan wadah makannya, hingga saat tak sengaja terkena liur kucing.

Punya 4 varian dengan tekstur yang cocok untuk lidah kucing, Muezza bisa dibeli dengan mudah di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer