Sukses


3 Manfaat Penting di Balik Kegemaran Kucing Melompat

Bola.com, Jakarta Belum lama ini viral di media sosial sebuha video seekor anak kucing yang melompat-lompat seperti kelinci. Dalam narasinya, disebutkan kalau si anak kucing salah pergaulan, karena meniru lompatan kelinci. Bagi orang yang melihat video itu, bukannya khawatir dengan si kucing, mereka malah terhibur karena si kucing terlihat lucu dan menggemaskan.

Bicara soal melompat, kucing bisa disebut sebagai jawaranya. Selain bisa mencapai ketinggian 6 kali panjang tubuhnya dan jarak lompatan hingga 3 meter, anabul juga bisa melompat dengan tepat dan aman mendarat di permukaan yang menantang. Mulai dari area kecil yang terbatas, jalanan yang kasar, hingga dahan pohon tanpa masalah.

Di Balik Kemampuan Melompat Kucing

Ada alasan menarik di balik kemampuan luar biasa kucing untuk melompat. Sejatinya kucing adalah seekor predator alami yang suka melompat dan menerkam mangsanya, tubuhnya dirancang untuk membuatnya melompat dengan lebih mudah.

Kakinya memiliki jangkauan gerak yang lebih luas, ditambah ekornya yang membantu mengarahkan tubuhnya saat berada di udara hingga mendarat. Selain itu, kucing juga dikenal memiliki gerak refleks yang sangat baik yang membuatnya bisa mendarat dengan keempat kaki, menyentuh permukaan tanpa mencederai tubuh kucing.

Melihat hewan si kucing suka melompat-lompat tentu saja bisa membuat pemiliknya khawatir. Karena perilaku alami ini punya efek baik buat kesehatan kucing, maka jangan melarangnya.

 

2 dari 3 halaman

Stimulasi yang Menyenangkan

Bagi kucing yang menghabiskan waktu di luar ruangan, melompat adalah hal yang biasa dilakukan seperti halnya berjalan dan berlari. Namun, bagi kucing rumahan aktivitas itu cenderung sedikit karena terbatasnya ruang. Tak heran si kucing bisa tampak lesu dan kurang agresif.

Aktivitas melompat menjadi hal yang penting karena dapat menjadi stimulasi yang menyenangkan, membuat kucing bisa berolahraga sekaligus merasa senang karena itu seperti sebuah permainan. 

Melompat tidak hanya melenturkan banyak otot, itu juga membuat kucingmu menggunakan pikirannya untuk bisa menentukan sejauh mana ia menggunakan kekuatannya dan memastikan mendarat dengan baik. Gerakan goyangan kecil yang dilakukan sebelum melompat adalah cara untuk mendapatkan banyak informasi.

Melatih Kemampuan Bertahan Hidup

 

Sebagai pemangsa kecil, kucing memiliki kebiasaan untuk melihat sesuatu dari atas. Dari sudut yang tinggi, kucing punya banyak kesempatan untuk melihat mangsa maupun potensi ancaman.

Aktivitas melompat tentunya akan melatih dan meningkatkan kemampuan si kucing untuk berburu maupun melindungi dirinya dari hewan yang lebih besar atau pemangsa lain.

Mencegah Kelebihan Berat Badan

Kegemukan menjadi masalah yang umum dialami oleh kucing, teruma kucing rumahan. Ini karena hewan peliharaanmu sebagian besar memiliki akses yang lebih mudah untuk mendapatkan makanan, ketimbang kucing liar.

Sedikit gerakan dan usaha untuk mendapatkan yang ia inginkan, membuat si kucing rentan mengalami kelebihan berat badan dan berisiko menderita penyakit. Biarkan kucing melompat-lompat dan bermain, untuk membantunya tetap langsing.

3 dari 3 halaman

Pohon Kucing dan Makanan

Cara termudah dan teraman untuk membuat opsi melompat dan memanjat kucing dalam ruangan adalah dengan menyediakan pohon kucing. Pohon kucing yang kokoh akan memungkinkan kucing untuk melompat dan bertengger di tempat ketinggian.

Untuk menjaga kucing tetap aktif dan sehat, jangan lupa untuk selalu memenuhi nutrisinya lewat pilihan makanan kucing yang tepat. Salah satunya dengan memberikan makanan kering, Muezza. Muezza dibuat dari bahan-bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, tanpa menambahkan bahan sintetik. Formulanya dirancang dengan tepat karena melibatkan ahli gizi.

Selain sehat, Muezza juga telah sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, sehingga bisa membuat pemiliknya lebih leluasa mengurus hewan peliharaannya. Mulai dari membelai tanpa takut terkena air liur kucing, membersihkan food bowl di tempat cuci piring, membawa makanan kucing bepergian, atau memegang dan menyimpan makanannya.

Tersedia dalam 4 varian rasa yang bakal jadi favorit anabul, dapatkan Muezza yang laris manis di kalangan catlover hanya dengan memesannya di Shopee maupun Tokopedia. 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer