Sukses


Tips Memotong Kuku Kucing Sendiri Biar Lebih Hemat

Bola.com, Jakarta Selama ini kita pasti selalu membawa kucing ke groomer untuk melakukan sejumlah perawatan. Salah satunya adalah menggunting cakar alias kukunya yang mulai panjang. 

Sebenarnya memotong kuku kucing bisa dilakukan sendiri kok. Jika dilakukan dengan tepat, kamu jelas bisa lebih hemat. Nah, laman Petmd menjelaskan, sebenarnya cara termudah membuat kucing terbiasa dengan pemangkasan kuku, dimulai sejak masih kecil (kitten). 

Yup, tentunya kamu juga perlu sabar, tekun, dan latihan untuk membiasakan kucing dipotong sendiri kukunya olehmu. Meski kucingmu kini sudah dewasa, memangkas kuku kucing tetap bisa dilakukan sendiri di rumah kok, caranya:  

2 dari 7 halaman

1. Ciptakan Rasa Tenang

Sebelum memotong kuku, pastikan kucingmu merasa nyaman dan tenang lebih dulu. Maka, siapkan handuk tebal di pangkuanmu, lalu usap kucingmu dengan lembut. 

3 dari 7 halaman

2. Ruang Terang

Pastikan kamu melakukan pemangkasan kuku kucing di ruang yang cukup terang. Tujuannya, agar terlihat batas pertumbuhan kukunya, agar kamu nggak memotong kukunya terlalu pendek. Di ruang yang terang, kamu bisa melihat jaringan merah di kukunya yang disebut quick. Nah, disitulah batasannya. 

4 dari 7 halaman

3. Pegang Cakar

Setelah melihat jaringan merah, pegang cakar dan remas satu jarinya dengan lembut dari atas dan bawah untuk memperpanjang cakar. 

5 dari 7 halaman

4. Jangan Terlalu Pendek

Pastikan kamu fokus memotong kukunya. Maka dari itu, awali dengan memotong sedikit kuku kucing. Lalu mulailah memotong kukunya dengan menyisakan beberapa milimeter dari ujung jaringan merah. Ingat, jangan terlalu pendek ya!

6 dari 7 halaman

5. Potong Bukan dari Sisi

Jika kamu nggak punya pisau pemotong khusus untuk kuku kucing, bisa juga pakai gunting kuku dewasa dengan pisau yang tajam. Jangan tumpul ya karena bisa 'menyiksa' kucing. 

Lalu mulailah memotong kukunya secara vertikal alias dari atas ke bawah, bukan dari sisi ke sisi. Ini dimaksudkan untuk mengurangi tekanan yang akan dirasakan kucing. Kemudian gunting kuku kucingmu dengan lembut. 

7 dari 7 halaman

6. Berikan Pujian

Kucing juga makhluk hidup yang punya perasaan lho! Maka dari itu, setiap kuku yang sudah dipotong, ada baiknya kamu memberikan pujian, salah satunya dengan memberikan makanan. Ulangi langkah ini sampai semua kuku terpotong dengan baik dan benar. 

Nah, saat kamu memberikan hadiah berupa makanan saat memotong kuku kucing, rekomendasinya adalah Muezza. Sudah tahu Muezza belum? 

Jadi, Muezza adalah salah satu makanan kucing kering (dry food) untuk kucing dewasa yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus.  Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  2. Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega
  3. Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan banyak yang sangat mudah dicerna
  4. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

Video Populer

Foto Populer