Sukses


Tidak Ada Masalah Medis, Ini Cara Menghadapi Kucing yang Menolak Makan

Bola.com, Jakarta Kucing mendadak tidak mau makan adalah yang yang umum. Jika memang dokter hewan tidak merekomendasikan perawatan khusus untuk kondisi kucing yang tidak mau makan, maka ada beberapa hal mendasar yang dapat kamu lakukan untuk membantu kucing tetap sehat dan keinginan makannya kembali.

1. Jaga agar mereka tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah salah satu masalah yang muncul bila kucing tidak mau makan. Hal ini dapat membuat pemulihan lebih lama dan rumit. Maka dari itu pastikan mereka mendapatkan banyak air minum.

Jika kucing tidak bebas minum, kamu dapat mencoba menambahkan sedikit kaldu ayam rendah sodium atau jus tuna ke dalam air. Jika cara ini tidak berhasil, coba berikan langsung sedikit air setiap satu hingga dua jam.

 

2 dari 3 halaman

2. Hindari situasi stres

Meskipun kucing kamu mungkin tidak tampak stres, jika baru saja pindah ke rumah baru atau bahkan membawa pulang hewan peliharaan baru, kucing bisa tidak tahu cara mengatasi perubahan baru dan mungkin kurang nafsu makan. 

Jika stres tampaknya menjadi alasannya, beri mereka ruang di mana mereka bisa merasa nyaman. Misal dengan ruangan yang jauh dari anak kucing baru untuk kucing berkeliaran dan makan.

3. Ganti makanan mereka

Cara berikutnya adalah dengan mengganti jenis makanan atau teksturnya, hal ini dapat membantu kucing mendapatkan kembali nafsu makannya. Namun, pastikan untuk memasukkan perubahan secara bertahap. 

Saat beralih dari satu makanan ke makanan lain, cobalah untuk memasukkan sedikit makanan baru kotak makannya dan tingkatkan jumlah makanan baru setiap hari sambil mengurangi jumlah makanan lama. Hal itu akan membantu sistem pencernaan kucing untuk menyesuaikan diri dengan makanan baru tanpa menyebabkan masalah.

 

3 dari 3 halaman

4. Beri makanan rasa baru

Jika tidak ada alasan medis, cobalah menambahkan rasa baru pada makanan. Taburan serpihan makanan ikan benar-benar dapat meningkatkan aroma makanan dan mendorong kucing Anda untuk makan.

Selera makan kucing adalah hal yang unik. Jadi ada baiknya untuk mengenali apa varian rasa yang disukai oleh kucing Anda. Biasanya hewan peliharaan yang satu ini cukup menggemari makanan yang mengandung ikan, seperti tuna, salmon, tenggiri, atau bahkan ikan laut.

Nah varian tersebut bisa ditemukan pada Muezza ang tersedia dalam empat rasa favorit, yaitu Tuna Flavor, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor. Makanan kucing ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand dan bisa dipesan via Tokopedia dan Shopee.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer