Sukses


Pemkot Yogyakarta Optimalkan Shelter di Balai RK / RW untuk Tangani Pasien COVID-19

Bola.com, Jakarta - Satgas COVID-19 Yogyakarta mulai memaksimalkan shelter di Balai Rukun Kampung atau Rukun Warga untuk kebutuhan isolasi pasien COVID-19 yang tak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Sudah dua pekan yang lalu kami minta agar wilayah melakukan persiapan dengan membuka shelter di wilayah masing-masing. Sebagian besar juga sudah dalam posisi standby dan bisa digunakan jika dibutuhkan." kata Heroe Poerwadi, Ketua Harian Satgas COVID-19 Yogyakarta, di Yogyakarta, Jumat (25/6/2021).

Namun, operasional shelter di Balai Rukun Kampung atau Rukun Warga masih terkendala kesediaan tempat tidur untuk pasien. Maka dari itu, warga yang positif COVID-19 di minta membawa perlengkapan seperti kasur secara mandiri.

Sementara kapasitas shelter utama yang berada di Rusunawa Tegalrejo, masih terjadi keluar masuk pasien setiap hari.

"Kadang ada kamar yang kosong, tetapi bisa saja langsung penuh karena ada pasien baru yang masuk. Semalam masih ada dua unit kamar yang kosong. Artinya bisa menampung empat pasien," imbuh Heroe.

Sedangkan untuk pemenuhan kebutuhan makanan atau logistik pasien bagi COVID-19, pihak Pemerintah Kota Yogyakarta mengandeng sejumlah kelompok kuliner. Kelompok-kelompok tersebut dimasukkan ke program Gandeng Gendong Pemerintah Kota Yogyakarta.

Video Populer

Foto Populer