Sukses


4 Trik Mudah untuk Melatih Kucing Agar Jadi Penurut

Bola.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia, selain anjing. Meskipun tingkah lakunya lucu dan menyenangkan, tetapi kucing dikenal juga sebagai hewan yang cuek dan susah diatur.

Tak heran, sebagian besar orang masih berpikir bahwa sulit melatih kucing agar memiliki respon baik seperti halnya anjing. Namun, dibalik kesulitan tentu ada kemudahan. Dengan sedikit usaha dan kesabaran, kucing sebenarnya juga dapat dilatih beberapa trik dan menurut dengan kita sahabat manusianya.

Berikut ini adalah beberapa trik menyenangkan dikutip dari pawp.com, yang bisa dilatih kepada kucing.

1. Kata Perintah 'Ayo'

Kucing dapat belajar merespons suara dan berlari ke arah kamu. Perintah "ayo" bisa menjadi alat yang berguna untuk membujuk kucing  kembali ke dalam, terutama jika mereka cenderung berlari keluar pintu. Buat suara yang berbeda (memanggil namanya, bersiul, atau mengklik lidah kamu) sebelum memberi makan kucing.

Mereka akan mulai menganggap suara itu dengan makanan dan kucing kamu pada akhirnya akan menuju ke arahmu ketika mereka mendengarnya. Kemudian mulailah menggunakan suara yang sama di luar waktu makan atau menggunakan clicker. Ulangi ini hingga 10 kali per sesi untuk memperkuat perilaku kucing. Jangan lupa berikan hadiah dan makanan.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

2 dari 4 halaman

2. Minta Kucing Duduk

Coba latih mereka untuk duduk dan tetap ditempat yang jauh dari pintu untuk membantu mencegah kucing kamu keluar dan bersembunyi atau membahayakan diri mereka sendiri. Cukup gunakan camilan dan clicker untuk memperkuat perilaku mereka setiap kali mereka duduk dan tetap ditempatnya.

3. Berjabat Tangan

Kucing bisa berjabat tangan seperti anjing. Mulailah sesi latihan kamu dengan camilan di tangan, lalu sejajarkan diri kamu dengan level yang sama dengan kucing kamu. Tepuk kaki mereka sambil mengatakan "goyang," dan gunakan clicker saat mereka menggerakkan kaki mereka. Jika kucing mulai mengais-ngais tangan kamu, tarik tangan kamu dengan cepat dan singkirkan agar kamu tidak secara sengaja menghargai perilaku mengaisnya.

Ulangi ini sampai kucing kamu menawarkan cakarnya sebagai tanggapan kamu mengatakan "goyang" tanpa mengetuknya. Dari sana, menurut Animal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), kamu dapat mulai meningkatkan seberapa jauh kucing kamu harus menjangkau hingga mereka semakin dekat untuk menyentuh tanganmu. Trik ini mungkin memerlukan beberapa sesi selama beberapa hari agar kucing kamu dapat menguasainya.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Lompat Melalui Lingkaran

Semua kucing membutuhkan olahraga, bahkan kucing dalam ruangan membutuhkan jalan keluar untuk memanjat, menerkam, menyergap, dan berlari. Setelah kucing kamu mengetahui bahwa clicker berarti camilan, letakkan hula hoop kecil di antara kamu dan kucing, serta siapkan camilan.

Pegang camilan dan clicker tepat di depan lingkaran, dan tunggu kucing kamu berjalan menuju camilan. Setelah beberapa putaran, kucing kamu akan berjalan melewati ring setelah mendengar bunyi klik. Setelah kucing kamu memahami ini, kamu dapat menambahkan beberapa lingkaran.

4 dari 4 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus.

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer