Sukses


Cegah Penyebaran COVID-19, Gubernur Jawa Tengah Minta Warga Saling Eling Lan Ngelingke

Bola.com, Jakarta - Peningkatan kasus positif COVID-19 di Jawa Tengah membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. meminta kepada seluruh bupati dan walikota mengajak masyarakat di wilayah masing-masing untuk saling eling lan ngelingke.

Gerakan ini penting dilakukan sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Saya dorong semuanya melakukan gerakan eling lan ngelingke. Eling atau ingat pada diri sendiri untuk mematuhi protokol kesehatan dan ngelingke atau mengingatkan jika ada mereka yang melanggar prokes." kata Ganjar, dalam keterangan resmi, Senin (28/6/2021).

Dengan saling eling lan ngelingke, Ganjar berterima kasih kepada masyarakat yang telah menjalankan program tersebut. Ganjar berharap, jumlah masyarakat yang saling ingat dan mengingatkan dapat meningkat agar dalam praktiknya dapat berjalan masif.

"Kalau ini dilakukan, protokol kesehatan bisa berjalan optimal. Selain menumbuhkan kesadaran pribadi, gerakan ini mengajak masyarakat berani meneriaki atau menegur teman, saudara, tetangga yang tidak pakai masker dan berkerumun," imbuhnya.

Selain itu, Ganjar terus berupaya mengoptimalkan kearifan lokal di tingkat masyarakat, satu di antaranya dengan menjalankan program gerakan di rumah saja. Beberapa daerah di Jawa Tengah telah melakukan gerakan yang bertujuan untuk mengurangi mobilitas warga demi mencegah penularan COVID-19.

"Beberapa kabupaten/kota sudah melakukan gerakan di rumah saja itu. Boyolali sudah pemanasan untuk di rumah saja, dan saya harap daerah lain bisa serentak," kata Ganjar.

Video Populer

Foto Populer